BERITABETA.COM, Namlea –  Rumah Sakit Umum (RSU) Lala, Kabupaten Buru, kini terlihat jorok karena dipenuhi dengan kotoran kambing. Pemandangan jorok di rumah sakit tipe C itu disaksikan langsung para wartawan saat mendatangi RSU Lala, untuk  menengok satu pasien kecelakaan lalulintas pada Kamis  (2/5/2019).

Saat itu ada beberapa ekor kambing berkeliaran di koridor dan lorong-lorong rumah sakit. Hewan ternak ini membuang kotorannya dan kencing sembarangan di atas lantai tehel koridor rumah sakit.

Ironisnya, tidak terlihat satupun pegawai rumah sakit atau petugas cleaning service yang membersihkan kotoran tersebut. Pengunjung yang datang dan melewati koridor hanya bisa mengelus dada dan menyelutuk prihatin karena kondisi yang kotor di RSU Lala.

Sementara itu, Kepala RSU lala, Dr Helmi yang ditanyai wartawan tidak membantah hal itu. “Tadi sudah dibersihkan oleh petugas,”kata Helmy ketika dikonfirmasi wartawan Jumat (3/5/2019).

Ia beralasan, kalau kebersihan di RSU Lala beberapa bulan terakhir ini kurang terurus, karena tanggung jawab itu ditangani pihak ketiga.”ULP terlambat tender,”kata Helmy.

Menurut Helmy,  tiap tahun RSU lala menyiapksn pos kebersihan sebesar Rp.400 juta. Namun tidak ditangani langsung, tapi diserahkan pada perusahan jasa kebersihan.

“Upah cleaning service 20 orang dibayar pihak ketiga.Namun belum tender dan para petugas kebersihan ini juga belum dibayar sehingga berapa hari ini mereka mogok kerja,”akuinya lagi.

Helmy meminta agar ULP mempercepat proses tender, sehingga tidak mengganggu jasa kebersihan rumah sakit. (BB-DUL)