BERITABETA.COM, Ambon – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Ambon berencana akan melakukan kegiatan bagi-bagi masker gratis kepada masyarakat di Kota Ambon.

Kegiatan tersebut merupakan upaya dalam menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk menggencarkan penggunaan masker di kalangan masyarakat.

Ketua TP-PKK Kota Ambon, Debby Louhenapessy kepada wartawan mengatakan, untuk menghindari terjadinya kerumunan masa, maka pola pembagian masker kepada masyarakat itu dilakukan lewat TP-PKK di tingkat RT pada Negeri dan Desa/kelurahan di Kota Ambon.

“Mekanismenya sedang dibahas, agar mengurangi pergerakan orang. TP-PKK di tingkat RT masing-masing yang  akan membagikan dari rumah ke rumah,” kata Debby.

Pembagian yang dilakukan oleh TP-PKK melalui RT itu guna sekaligus memastikan setiap rumah telah mendapatkan masker, karena setiap anggota keluarga minimal mendapat 4 buah masker.

“Pembagian ini akan dilakukan tepat pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon pada September mendatang,” tuturnya.

Dikatakan, proses pembagian itu akan dilakukan secara serempak di lima kecamatan se- Kota Ambon, dan yang menggerakkannya adalah RT pada masing-masing Negeri dan Desa/Kelurahan.

“Kita juga akan minta nama-nama kelompok, karena harus memastikan bahwa semua anggota keluarga itu sudah menerima masker,” jelasnya.

Kata Debby, secara serempak, gerak masker sudah dilakukan di seluruh Indonesia tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 kemarin untuk memasyarakatkan masker dan menekan kasus Covid-19 di Indonesia.

“Selain bagi masker, kita sekaligus juga melakukan edukasi, karena masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk menggunakan masker,” tandasnya (BB-AHM)