BERITABETA.COM, Ambon — Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Barnabas Nathaniel Orno mengajak semua pihak di daerah ini untuk berkomitmen mengembangkan bakat olahraga yang terintegrasi guna memajukan olahraga di Maluku.

Orno mengungkapkan, Maluku memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) luar biasa yang dapat digodok untuk menjadi atlet-atlet berbakat, sehingga diperlukan upaya strategis dalam mengelola sistem perekrutan pembinaan dan pengembangan atlet.

"Sejauh ini minat masyarakat terus meningkat untuk berolahraga, dan saya berharap ini akan menjadi budaya orang Maluku yang akan kita warisi ke anak dan cucu kita nanti" ujar Orno saat memperingati Hari Olahraga Nasional di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Kamis (9/9/2021)

Mantan Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) itu menjelaskan, peringatan Haornas tersebut mengusung tema 'Grand Desain Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju' memiliki makna pemerintah dan masyarakat berkewajiban memajukan olahraga secera masif.

Ia mengaku, saat ini aktivitas olahraga sudah tumbuh dan berkembang di Indonesia dan sedang menuju ke arah kondisi, bahwa olahraga menjadi budaya hidup sehat.

"Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini, dimana betapa pentingnya olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh agar kesehatan kita terjaga dan melindungi kita dari berbagai virus berbahaya" jelasnya.

Guna membangun semangat olahraga, dia berjanji Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan memberi penghargaan sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah.

Hal tersebut lanjut dia, sebagai apresiasi kepada para olahrawagawan yang memiliki bakat dan prestasi serta berdedikasi yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara serta daerah ini melalui olahraga.

"Pemberian penghargaan olahraga merupakan cetusan aspirasi dari pemerintah dan masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap insan olahragawan yang memiliki kepedulian terhadap insan olahraga dan merupakan dorongan kepada segenap elemen masyarakat untuk aktif berolahraga disepanjag hayat" ucapnya.

Dia menandaskan, pada beberapa waktu mendatang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX dan Pekan Paralyimpic Nasional ke XVI akan digelar di Provinsi Papua.

Untuk itu, dia berharap berbagai persiapan untuk mengikuti pentas olahraga tersesbut harus disiapan dengan matang dan lebih optimal, agar diperoleh hasil yang lebih baik.

"Bagi para atlet yang akan bertanding nanti, terus berlatih dengan maksimal, kobarkan semangat dan pantang menyerah serta raihlah prestasi terbaik yang akan membuat kalian menjadi sejarah di masa depan" harapnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala