BERITABETA.COM, Ambon – Wakil Gubernur Maluku,  Barnabas Natanhiel Orno mengingatkan kepada para tenaga dokter muda yang baru lulus dari  Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, untuk tidak memilih-milih tempat tugas saat bekerja di masyarakat.

“Saya berharap dimanapun ditempatkan, demi peningkatan derajat  kesehatan masyarakat Maluku, laksanakan tugas yang diemban dengan baik, ” tandas Wagub Maluku saat mengikuti acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter baru lulusan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon ke-18 periode September Tahun 2020 yang digelar secara virtual dari Kantor Gubernur Maluku, Senin (28/9/2020).

Orno mengaku, sangat percaya para tenaga dokter ini akan menentukan langkah mengabdi di Maluku. Sebab itu, mereka harus terus meningkatkan kemampuan keilmuannya secara berkesinambungan, mengingat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran selalu berkembang  pesat. Maka tantangan dan tugas tanggung jawab yang akan dihadapi para dokter muda ini pun, tidaklah mudah.

“Saya harapkan dukungan para orang tua dan keluarga perihal tugas yang akan diemban para dokter muda ini. Apalagi, saat ini kita masih berhadapan dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Maluku. Kita dituntut untuk tetap serius memperhatikan dan memperketat protokol kesehatan,” tuturnya.

Menurut Wagub, situasi ini terasa sulit karena memang tidak ada pilihan untuk harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Pemerintah dan masyarakat harus selalu berdoa saat bekerja serta,  saling menopang agar kondisi pandemi dapat diatasi seoptimal mungkin.

“Kita bersyukur karena keberadaan Fakultas Kedokteran Unpatti, secara langsung telah menjawab ketersediaan tenaga kesehatan dokter pada kabupaten/kota di Maluku,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub atas nama Pemprov Maluku menyampaikan selamat kepada para dokter baru yang telah diambil sumpah dan dilantik. Pengambilan sumpah ini, kata Wagub, merupakan langkah awal untuk mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti pendidikan.

“Saya menghimbau kepada para dokter lulusan Fakultas Kedokteran Unpatti, agar dapat mengabdikan dirinya di Maluku serta mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik,” katanya lagi.

Rektor Unpatti Marthinus Johanes Saptenno mengaku merasa bangga, karena setiap Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon melaksanakan tes KPPD, ranking yang diraih masih sangat baik.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Fakultas Kedokteran Unpatti sudah menghasilkan 210 dokter sejauh ini. Dan hari ini mendapatkan 10 dokter baru. Walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang mencekam tetapi ternyata kualitas lulusan kita tidak mengecewakan. Presentase lulusan sebanyak 80  persen mencerminkan semangat juang dari mahasiswa sekalian. Ini adalah haln yang perlu dibanggakan,” bangganya.

Rektor Unpatti juga menyampaikan beberapa hal penting, bahwa menjadi dokter merupakan pekerjaan yang mulia. Namun sesuai sumpah yang diucapkan tadi, menandakan pekerjaan ini tidaklah mudah. Sebab, masih ada dokter yang mau ditempatkan di daerah tertentu, menolak.

Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru lulusan ke-18 periode September Tahun 2020 ini juga  dihadiri pimpinan IDI Maluku, Dinas Kesehatan Maluku/Kota Ambon, RSUD Haulussy Ambon/RST/RSAL/RSKAD, PKM Karang Panjang, para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti dan undangan lainnya (BB-DIO)