BERITABETA.COM, Ternate — Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir bandang di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Senin (26/8/2024).

Bantuan berupa kebutuhan dasar ini diberikan PLN UIW MMU kepada warga terdampak di posko-posko pengungsian.

"Kami turut berduka atas bencana ini. Kami instruksikan petugas untuk turut melihat kondisi dan kebutuhan korban banjir bandang ini. Untuk itu, pada hari ini, melalui YBM Ternate, Kami menyalurkan bantuan kemanusiaan, berharap dapat meringankan kesulitan yang dihadapi warga di sana," ujar General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula.

Awat mengungkapkan, selain di posko pengungsian, bantuan yang diserahkan Ketua YBM PLN UP3 Ternate Isra Hi Abdullah dan Sekretaris Nurseto itu juga dilakukan di posko relawan.

Dia merincikan, di posko pengungsian, YBM menyerahkan air kemasan, mie instan, beras hingga selimut dan karpet. Sementara di posko relawan, dibagikan nasi bungkus, kopi dan susu.

Ketua YBM PLN UP3 Ternate, Isra Hi Abdullah mengungkapkan, dia terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk proses penyaluran bantuan tersebut.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Kami terhadap masyarakat di Kelurahan Rua. Bantuan dari insan PLN ini semoga bermanfaat dan bisa meringankan kesulitan yang dihadapi saat ini," ungkap Isra Hi Abdullah.

Isra membeberkan, banjir bandang tersebut juga telah menyapu beberapa infrastruktur kelistrikan dan menyebabkan gangguan sistem kelistrikan.

"PLN UIW MMU bergerak cepat memulihkan sistem kelistrikan di hari bencana nahas itu terjadi," bebernya.

Data sementara menunjukkan, terdapat 26 bangunan yang mengalami kerusakan. Dengan rincian 20 rumah dan satu tempat ibadah rusak berat. Serta 5 rumah hilang tertimbun material.

"Insya Allah badai pasti berlalu, sehingga warga dapat beraktivitas kembali. Kami doakan musibah ini cepat berlalu dan sama-sama kita lalui dengan ikhlas dan sabar," pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi