BERITABETA.COM, Masohi — Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara nasional pada selasa besok mulai membuka pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (Calkada).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Maluku Tengah (Malteng), Abdul Azis Latuconsina saat ditemui di Kantor KPU Malteng, Senin (26/8/2024) mengungkapkan, pendaftran Calkada ini berlangsung selama tiga hari, terhitung dari 27-29 Agustus 2024.

Latuconsina menjelaskan, pad hari pertama dan kedua, pendaftaran dibuk mulai pukul 08.00-16.00 WIT. Khusus untuk hari terakhir, pendftaran dibuka dari pukul 08.00-23.00 WIT.

"Pendaftaran dibuka selama 3 hari dari 27 hingga 29 Agustus 2024," ungkap Abdul Azis Latuconsina.

Ia membeberkan, saat ini tiga Pasangan Calon (Paslon) Calkada di Kabupaten Malteng sudah mengajukan permohonan akses Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

"Ketiga Paslon tersebut adalah pasangan Zulkarnain Awat Amir dan Mario Lawalata, pasangan Andi Munaswir dan Tina Tetelepta serta pasangan Mirati Dewaningsih dan Dani Nirahua," bebernya.

Dia menandaskan, sesuai dengan amanat PKPU terkait permohonan pembukaan akses SILON BKWK itu bagian terpenting, karena bakal pasangan Calon  lewat Liaison Officer (LO) atau tim penghubung yang mengunggah SILON kandidat.

"Terdapat 8 Item yang langsung diinput ke KPU ketika Paslon punya surat permintaan permohononan akses SILON yang disetujui KPU, dimana agar para tim penghubung Paslon bisa akses dengan akun sendiri untuk membuka dan mengupload Paslon punya dokumen di SILON tersebut," tandasnya.

Dirinya menambahkan, rekomendasi LO dan atau Operator SILON kandidat tidak ditunjuk sembarangan, namun mereka harus disetujui oleh Partai pengusung.

"Kalau ada 4 partai pendukung, itu harus dibuktikan dengan tandatangan ketua dan sekretaris partai politik masing-masing," pungkasnya. (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky