BERITABETA.COM, Bula — Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan resmi mengusung Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) SBT.

Sebelumnya, Paslon dengan jargon AMAN ini juga diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Dengan diserahkannya rekomendasi PDI Perjuangan ini, Paslon Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian dan dua Paslon lainnya yakni Rohani Vanath-Madja Rumatiga dan Fachri Husni Alkatiri-Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena (Vitho) siap untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan SBT, Arobi Kelian mengungkapkan, pada pukul 17.30 WIB, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Maluku, Benhur G. Watubun menyerahkan rekomendasi kepada Paslon AMAN didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Maluku Mercy Chriesty Barends bersama pengurus di Kantor DPP PDI Perjuangan.

"Tadi sore sekitar pukul 17.30 WIB sudah penyerahan oleh Ketua DPD pak Benhur didampingi Sekretaris DPD ibu Mercy dengan pengurus DPD menyerahkan (rekomendasi) beberapa kabupaten/kota, termasuk SBT. Penyerahan di Kantor DPP PDI Perjuangan," ungkap Arobi Kelian saat dihubungi wartawan dari Kota Bula, Kamis (22/8/2024) malam.

Kelian memastikan, dengan penyerahan rekomendasi PDI Perjuangan ini, Paslon Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian sudah siap untuk mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati di KPU setempat.

"Kita sudah siap untuk mendaftar di KPU pada waktunya," ucapnya.

Dia menerangkan, waktu pendaftaran bagi Paslon Kastella-Kelian akan ditentukan pada rapat besok oleh DPD PDI Perjuangan Maluku bersama DPC pada 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

Ia mengaku, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang diusung partai besutan Megawati Soekarnoputri itu akan melakukan pendaftaran secara serentak.

"Nanti kita akan tentukan, apakah tanggal 27, 28 atau 29. Kemungkinan besar kita ini serentak. Jadi nanti kita lihat tanggal berapa yang akan kita putuskan di rapat besok. Rapat DPD besok ini secara zoom. Kemungkinan besar itu serentak," terangnya.

Mantan anggota DPRD SBT itu membeberkan, dia bersama Balon bupati SBT Abdul Malik Kastella telah berencana akan melakukan deklarasi Paslon di Kota Bula.

Untuk waktu deklarasi tambah dia, akan digelar pada hari yang sama mereka akan melakukan pendaftaran di Kantor KPU SBT.

"Saya dan pak Malik Kastella (kita) rencanakan untuk deklarasi. Deklarasi pada saat pendaftaran itu sudah. Mungkin kita deklarasi selesai langsung menuju ke KPU untuk mendaftar," bebernya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi