BERITABETA.COM, Masohi -  Sebanyak empat pasangan calon (Paslob) Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng), yang resmi mendaftar di KPU Malteng pada Pilkada 2024, telah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan atau  Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi, Minggu (1/9/2024). 

Empat paslon yang menjalani pemeriksaan kesehatan tahap dua ini masing-masing, Mirati Dewaningsih dan Daniel Nirahua, Andi Munaswir dan Tina Welma Tetelepta, Zulkarnain Awat Amir dan Mario Lawalata serta  Ibrahim Ruhunussa dan Liliane Aitonam

Direktur RSUD Masohi dr. Heri Siswanto mengatakan, tahapan pemeriksaan kesehatan paslon kepala daerah Malteng, berjalan dengan lancar dan sukses.

Dikatakan penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan selama tiga hari ini cukup padat.

“Berbagai tes kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan sekitar 16 dokter, pada 11 bidang pemeriksaan ditambah dengan Narkoba, Kejiwaan dan mata, semuanya berjalan dengan baik,” kata dr. Heri saat konferensi pers usai pemeriksaan kesehatan paslon.

Nantinya, kata Siswanto hasil pemeriksaan kesehatan bagi empat paslon itu, sebelum diserahkan ke KPU Malteng  akan dilakukan rapat pleno terlebih dahulu oleh para team dokter sebagai hasil dari kesimpulan pemeriksaan kesehatan.

Siswanto juga menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan empat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Maluku Tengah untuk Pilkada 2024 akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selasa (3/9/2024) besok.

Sementara itu, Kadiv Teknis KPU Malteng Abdul Asis Latuconsina menjelaskan, proses untuk pemeriksaan kesehatan sesuai dengan juknis KPU Malteng. yang mana, paslon harus selesai mendaftarkan administrasinya di Silon KPU dan dinyatakan lengkap dan telah mendaftar di KPU.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa, dari 11 Kabupaten yang ada di Maluku, hanya Kabupaten Malteng yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi para paslon di Masohi. 

“Kabupaten lain itu melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi paslon Pilkada serentak di rumah sakit Haulussy dan Leimena di Ambon, kita saja yang pemeriksaan kesehatan di RSUD Masohi,” ucapnya.

Ia menambahkan, alasan KPU Malteng menunjuk RSUD Masohi untuk tahapan pemeriksaan kesehatan bagi paslon karena  dari hasil fositasi kelengkapan peralatan medis dan team dokter, ternyata sudah memadai (*)

Pewarta : Edha Sanaky