BERITABETA.COM, Masohi -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Tengah (Malteng) menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Lapangan Nusantara Masohi, Kamis (26/9/2024).

Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Malteng 2024 ini dihadiri oleh 4 pasngan calon (Paslon) Bupati dan wakil Wakil Bupati Malteng, masing-masing Paslon nomor urut 1 Miranti Dewaningsi - Dani N Nirahua, Paslon nomor urut 2 Ibrahim Rouhunussa - Liliana Aitonam, Paslon nomor urut 3 Andi Munaswir dan Tina W Tetelepta dan  Paslon nomor urut 4 Zulkarnain Awat -Mario Lawalata.

Dalam kegiatan ini ikut dibacakan deklarasi damai yang dipimpin Ketua KPU Malteng Abdurrahim Lesnussa, dan diikuti dengan penandatangan deklarasi damai oleh masing-masing paslon dan partai pendukung.

Abdurahim Lesnussa mengatakan, kampanye damai merupakan momentum penting dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Malteng.

Moment ini juga diisi dengan menyatakan sikap bersama untuk berkolaborasi bergandeng tangan dalam penyelanggaraan pemilu.

“Kita telah bersama bersama bergandeng tangan dalam menyelenggarakan pemilu berdasarkan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ujarnya.

Abdurrahim menegaskan, kegiatan ini merupakan langka awal harmonisasi untuk menjaga kondisi situasi yang kondusif, dan kedamaian dimasa kampanye.

Selian itu, juga untuk  menciptakan kehangatan dalam ikatan persaudaraan ketika muncul ide, gagasan, visi pasangan calon tanpa menggunakan cara-cara yang negatif.

“Kita harapkan adanya kolaborasi dan persatuan yang baik antara penyelenggara dan forum koordinasi pimpinan daerah, TNI, Polri dan masyarakat untuk tetap menjaga agar masa kampanye ini bisa berjalan aman, tertib dan damai sebagai orang basudara di Bumi Pamahanu Nusa,”tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini anggota Komisioner KPU Malteng, Ketua dan Anggota Bawaslu Malteng, Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa, Pimpinan Forkopimda, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Malteng, Pimpinan OPD Pemkab Malteng, dan tim pemenangan pendukung masing-masing paslon (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky