BERITABETA.COM, Ambon  - Sebanyak  1.125 orang calon jemaah haji asal Maluku siap diberangkatkan pekan depan. Pemberangkatan Jemaah haji ini dijadwalkan  pada 13 Juni 2023 dari Asrama Haji di Desa Waiheru, untuk kemudian menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Yamin di Ambon, Kamis  mengatakan Gubernur Maluku Murad Ismail dijadwalkan melepaskan secara umum seluruh jamaah calon haji yang berjumlah  1.125 orang pada 13 Juni 2023.

"Dengan demikian,  seluruh JCH asal kabupaten dan kota di Maluku sudah  masuk asrama haji di Desa Waiheru pada  13-14 Juni 2023 untuk kemudian  diberangkatkan ke embarkasi Makassar pada  15 dan 16 Juni 2023 dengan mempergunakan maskapai Lion Air," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Maluku yang telah membantu biaya embarkasi yang akan dilakukan selama dua hari penerbangan dari Ambon menuju Makassar.

Yamin menyebutkan jumlah JCH asal Maluku yang akan berangkat menunaikan ibadah ke Tanah Suci, Arab Saudi, tercatat sebanyak 1.125 orang jamaah pada tahun ini, atau mengalami kenaikan dari kuota awal 1.086 orang.

Terkait kesiapan Asrama Haji di Desa Waiheru pihaknya memastikan sudah siap menampung calon jamaah haji.

"Kami sudah  melakukan pengecekan  begitu juga dengan fasilitas transportasi atau angkutan dari Asrama ke Bandara Pattimura juga sudah siap semuanya, Panitia keberangkatan sudah dikondisikan," ujarnya.

Pada sisi lain khusus calon jamaah haji asal Ambon  karena keterbatasan  asrama yang ada di Desa Waiheru tidak menempati asrama haji, tetapi  pada 15 Juni 2023  rombongan akan menuju pelataran masjid raya Al Fatah Ambon dan siap diberangkatkan ke embarkasi Makassar setelah shalat subuh terlebih dahulu.

Jadi Calon Jamaah Haji  dari  Kota Ambon  tidak masuk ke Asrama Haji langsung dari rumah masing-masing menuju masjid raya Al Fatah  untuk kemudian dilepas keberangkatan mereka menuju embarkasi Makassar.

Calon jamaah haji Maluku tergabung dalam tiga kloter yaitu 33, 34 dan 35 yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 16-17 Juni 2023 dari Makassar (*)

Editor : Redaksi