Sebanyak 4.040 single dos vaksin Covid-19 tiba di Kota Masohi, Maluku Tengah, Senin sore (25/01/2021). (FOTO: BERITABETA.COM)
Sebanyak 4.040 single dos vaksin Covid-19 tiba di Kota Masohi, Maluku Tengah, Senin sore (25/01/2021). (FOTO: BERITABETA.COM)

BERITABETA.COM, Masohi – Dengan pengawalan ketat aparat keamanan, sebanyak 4.040 single dos vaksin Covid-19 tiba di Kota Masohi, Maluku Tengah, Senin sore (25/01/2021).

Ribuan vial vaksin yang tiba di Masohi ini diterima oleh Asisten II Bupati Maluku Tengah, Bahrun Kalauw,  didampingi oleh Mahujali Talaohu, Plt Kepala Dinas BKKB Maluku Tengah dan Kapolres Maluku Tengah AKBP Rositah Umasugi, S.I.K menerima langsung Vaksin Sinovac di Kantor Dinas Kesehatan Maluku Tengah.

“Ada sebanyak 4.040 vaksin Covid-19 yang telah kami terima.  Kami mewakili Bupati Maluku Tengah menerima langsung ribuan vaksin yang didistribusi oleh PT Pos Indonesia dan dikawal aparat dari dari Polresta Pulau Ambon Pulau-pulau Lease,“ kata Bahrun dalam keterangannya kepada wartawan.

Menurut Kalauw, vaksin-vaksin tersebut segera didistribusikan. Dinas Kesehatan telah berkoordinasi dengan Puskesmas-Puskesmas yang berada di kecamatan dalam pendistribusian untuk menerima vaksin-vaksin tersebut.

“Paling lambat besok vaksin sudah didistribusi lewat Puskesmas Kecamatan,” kata Kalauw.

Plt Kadis BKKBN juga menyampaikan vaksin akan mulai didistribusikan besok ke seluruh kecamatan, kecuali Banda. Banda harus menunggu jadwal transportasi kapal laut untuk bisa mendistribusikan vaksin-vaksin tersebut.

Ribuan vaksin Covid-19 ini akan diaplikasikan kepada sebanyak 1.819 tenaga kesehatan yang tersebar di 40 Puskesmas, Rumah Sakit serta Unit Kesehatan lainnya di Kabupaten Maluku Tengah untuk tahap pertama program vaksinasi.

Vaksin Covid-19 saat ini berada di unit penyimpanan Dinas Kesehatan Maluku Tengah. Sejumlah unit cold chain terdiri dari lemari es dan freezer untuk menyimpan vaksin Covid-19 dalam kondisi normal dan aman di tempat penyimpanan (BB-ES)