BERITABETA.COM, Ambon – Aliansi Pemuda Maluku (APM) yang menghimpun sejumlah OKP di Maluku mengajak seluruh komponen masyarakat Maluku agar ikut mendoakan dan membantu warga yang menjadi korban gempa di Pulau Ambon dan Seram.

Ajakan ini disampaikan penanggung jawab nasional APM, Subhan Pattimahu.SPi.M.Si yang juga Ketua DPD KNPI Maluku melalui rilisnya yang dikirim ke redaksi beritabeta.com, Kamis malam (26/9/2019).

“Kami dari Aliansi Pemuda Maluku menyampaikan ikut berbelasungkawa atas meninggalkan puluhan warga yang menjadi korban dari gempa bumi yang terjadi Kamis pagi. Kami juga mengajak semua warga agar bisa meringankan beban sudara-saudara yang terkena dampak gempa,” tandasnya.

Menyikapi hal ini, Subhan meminta agar  semua warga Maluku untuk bersama-sama  berempati dengan  memberikan bantuan kepada semua warga yang terkena bencana gempa.

“Kita juga berharap agar Pemerintah Daerah Maluku segera mengambil langkah langkah strategis untuk penanganan psikologi masyarakan korban bencana dan penanganan bencana secara menyeluruh,” harapnya.

Selaku generasi muda Maluku, APM kata dia, akan selalu menyuarakan semua kepentingan yang terkait dengan kepentingan masyarakat Maluku, sehingga bencana gempa yang melanda dapat tertangani dengan baik.

“Ini penting untuk dilakukan, karena dengan adanya situasi seperti ini kita diharapkan agar bisa lebih pekah dalam melihat berbagai masalah yang terjadi, semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua,” bebernya.

Selain itu, Pattimahu berharap, dari pengalaman yang ada saat ini, diharapkan semua warga dapat lebih berwaspada dan tetap mengikuti semua petunjuk terkait teknis penanganan  dan antisipasi bencana gempa. Hal ini penting agar masyarakat Maluku tidak panik dalam menghadapi situasi yang terjadi. (BB-ISP)