BERITABETA.COM, Namlea – Program Aplikasi Klassku bertujuan mencerdaskan para anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Program ini digagas oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin.

Program ini kemudian disosialisaikan pihak Koidam XVI/Pattimura, salah satunya Bintara Pembina Desa (Babinsa) Waspait  Koramil 1506-03/Airbuaya, Sertu Abdul Amin Umanailo.

Selain menjalankan tugas sebagai aparat keamanan di desa, pada Jumat (07/05/2021), Sertu Abdul Amin turut mengajari para siswa-siswi SD Al-Hilal Desa Waspait, Kecamatan Fenaleisela Kabupaten Buru, Maluku, menggunakan Program Aplikasi Klassku.

Babinsa Desa Waspait ini menjelaskan, Program Aplikasi Klassku ini memberikan kemudahan akses secara gratis tentang materi-materi pelajaran mulai dari SD, SMP sampai SMA.

“Ketika belajar secara online dengan Aplikasi Klassku, maka akan mendapat pendampingan dan tuntunan seperti halnya les sehingga dalam belajar akan memperoleh bimbingan dengan baik,” jelas Sertu Sertu Abdul Amin disela-sela sosialisasi Program Aplikasi di SD Al-Hilal Desa Wapsait.

Dia mengemukakan, sistem pembelajaran ini memanfaatkan perkembangan teknologi dan aplikasi daring dalam proses belajar mengajar. Untuk itu pentingnya peran orang tua dalam mendampingi para anak.

Diakuinya, Aplikasi Klassku merupakan Program Unggulan Kodam XVI/Pattimura yang telah dicanangkan oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin. Tujuannya untuk encerdaskan putra putri Maluku dan Maluku Utara.

“Penyelenggaraan sosialisasi Aplikasi Klassku ini penting bagi anak-anak agar bisa belajar di rumah khususnya di masa pandemic Covid-19,” ungkapnya.

Babinsa Wapsait lalu menuturkan, peran orang tua penting untuk menjadi guru di rumah dalam membimbing anak saat proses belajar daring.

Menurut dia, orang tua berperan penting menjadi motivator yaitu memberi dukungan kepada anak saat pembelajaran, sehingga (anak) memiliki semangat belajar dan memperoleh prestasi yang baik.

Setelah pelaksanaan sosialisasi, dilanjutkan dengan praktik menggunakan aplikasi tersebut melalui bank sesuai dengan tingkatan sekolah. (BB-DUL)