BERITABETA, Jakarta – Forum Wartawan Polri (FWP) menggelar Diskusi Pojok Semanggi bertema “e-TLE, Siapkah?” di Balai Wartawan Polda Metro Jaya, Jumat (25/10/2018).

Diskusi yang menghadirkan Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta dan lainnya ini, bertujuan mengupas kesiapan pelaksanaan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang yang dalam waktu dekat diimplementasikan.

“Diskusi tilang elektronik ini kita helat dengan tujuan agar masyarakat mengetahui persiapan e-TLE. Sejauh mana persiapan pihak-pihak terkait,” ujar Ketua FWP Naek Pangaribuan, Kamis (25/10/2018).

E-TLE dilakukan dengan memanfaatkan kamera CCTV (Closed Circuit Television) di lapangan. Seluruh sistem E-TLE murni diterapkan secara elektronik sejak penindakan pelanggaran hingga proses administrasi.

Setelah Surabaya, uji coba tilang elektronik tersebut akan di uji coba di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Untuk itu, kata Naek, selain memahami persiapan, kegiatan yang digelar FWP itu juga agar masyarakat mengetahui perkembangan pelaksanaan e-TLE.

“Ini isu penting tidak hanya bagi warga Jabodetabek, tapi juga masyarakat Indonesia. Sebab rencananya pelaksanaan e-TLE akan diterapkan di seluruh Indonesia. Jakarta tentunya sebagai percontohan karena Ibu Kota negara,” tutur Naek.

Turut hadir pada diskusi Hakim Agung Gazalba Saleh dan pengamat dari Indonesia Traffic Watch, Edison Siahaan.

Rencananya diskusi Pojok Semanggi akan dihelat rutin, mengupas isu-isu aktual terutama berkaitan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas (Kamseltibcar Lantas).

“Kita akan gelar Diskusi Pojok Semanggi secara reguler beberapa bulan sekali. Sehingga menambah wawasan bagi masyarakat secara mendalam mengenai isu aktual Kamseltibcar Lantas,” tandas Naek. (BB/ADIS)