BERITABETA.COM, Ambon – Bakal calon Gubernur Maluku Febry Calvin Tetelepta (FCT) menyampaikan rencana besarnya untuk membangun Maluku keluar dari keterpurukan.

Deputi I Kepala Staf Kpresidenan (KSP) ini mengaku jika terpilih nanti, dirinya akan memperjuangkan terbitnya Keputusan Presiden (Kepres) Khusus untuk membangun Maluku.

Menurutnya, Kepres ini diperjuangkan agar Pemerintah Pusat mau melakukan intervensi dalam pendanaan dalam pembangunan Maluku kedepan.

“Jika saya terpilih nantinya, Kepres inilah yang akan saya perjuangkan. Dan ini akan lebih baik dibandingkan dengan mendorong terbitnya Undang-Undang Daerah Kepulauan,” kata Febry dalam acara diskusi bersama puluhan mahasiswa di Café Sibu-sibu, Kota Ambon, Rabu (16/5/2024).

Dalam acara yang dikemas dengan tema ‘Bacerita dengan FCT, tentang Maluku,’ itu,  Febry pun menilai perjuangan untuk terbitnya RUU Daerah Kepulauan menjadi UU Daerah Kepulauan yang disuarakan selama ini, akan sulit terwujud lantaran banyak kepentingan dalam prosesnya.

“UU Daerah Kepualauan itu ibaratnya membangun Negara dalam Negara dan saya nilai akan sangat sulit, maka solusinya hanya bisa lewat Kepres ini,” ungkapnya.

Untuk itu, kata FCT, kelak jika terpilih menjadi Gubernur Maluku dirinya akan berjuang untuk terbitnya Kepres ini.

“Jadi pemerintah daerah akan menyedorkan drafnya dan meminta Presiden untuk memperhatikan masalah ini,” pungkasnya.

Ia menambahkan, Kepres ini isinya akan menghimpun semua kepentingan pembangunan di daerah Maluku, maka bila disetujui oleh Presiden, itu artinya masalah daerah ini perlahan dapat teratasi, karena semua yang akan dilakukan di Maluku akan tertuang disitu.

“Yang jadi masalah kita kan soal pendanaan atau anggaran. Bila berharap dengan APBD kita saat ini, maka pembangunan di Maluku ini akan tetep berjalan di tempat,” beber dia.