BERITABETA.COM, Ambon – Mantan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon (balon) Gubernur Maluku peride 2024 – 2029 di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Maluku.

Orno mengunjungi Kantor DPP PDI-Perjuangan Maluku dan menyerahkan berkas pendaftaran sebagai balon Gubernur Maluku pada, Selasa (30/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Orno menyampaikan optimismenya akan kembali mengantongi rekomendasi dari Parpol besutan Megawati Sukarno Putri itu.

Alasannya, selama ini perjalanan karirnya  mulai dari menjabat sebagai Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD, Bupati MBD 2 Periode, hingga berpasangan dengan Murad Ismail sebagai Wakil Gubernur Maluku selalu mendapat kepercayaan dari PDI-Perjuangan.

"Saya bukan kader pasif, seluruh aktivitas PDI-P saya ikut di dalamnya. Saya mulai tampil sebagai kader aktif dari tahun 2006, berturut-turut sampai hari ini. Saya tidak ragu bahwa PDI-P tidak kasih saya rekomendasi. Saya yakin sungguh, saya akan dapatkan itu,” tandas Orno.

Ia mengaku, PDI-P sudah spertinya rumah baginya.  “Dari semua kader, saya ahli warisnya. Jika PDIP ini adalah rumah tua dan punya hak ulayat, saya ahli warisnya. Saya bermohon kepada PDI-P dan pemimpin-pemimpin saya, kenapa saya ragu-ragu," ungkap Orno.

Orno pun menyampaikan keinginannya untuk maju sebagai salah satu balon Gubernur Maluku dilatari keinginan  memperjuangkan Bumi Raja-raja ini lebih baik ke depannya.

"Saya berkomitmen semoga kita akan menjaga sikap politik, tidak merusak dan mengganggu rasa persaudaraan kita di Maluku. Saya belum bisa berjanji apa-apa saat ini, tapi sebagai putra Maluku, saya juga ingin bersama rakyat membangun provinsi ini," tutupnya.

Meski demikian, Orno belum membeberkan siapa sosok yang akan dipinang untuk menjadi pendampingnya di Pilkada Maluku mendatang.

Editor : Redaksi