BERITABETA.COM,  Phnom Penh – Timnas Indonesia U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 2019 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Thailand di pertandingan final yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019).

Meski sempat tertinggal lebih dulu, gol Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay menjadi penentu gelar juara menjadi milik Tim Garuda Muda.

Setelah sejumlah peluang emas didapatkan Tim Garuda Muda di babak pertama, seperti Osvaldo Haay pada menit keempat, Gian Zola pada menit ke-27, dan Witan Sulaeman pada menit ke-33, pertandingan babak pertama berakhir tanpa gol.

Pada babak kedua pertandingan, Thailand mulai berusaha bermain lebih lepas. Lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 mulai tertekan. Awan Setho harus mulai menghalau serangan-serangan tim Gajah Perang.

Serangan Thailand berbuah manis pada menit ke-57. Kapten Thailand, Saringkan Promsupa, berhasil mencetak gol dengan tandukan setelah menerima umpan tendangan bebas dari rekan setimnya.

Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-22 berhasil membalas lewat gol yang dicetak Sani Rizki Fauzi pada menit ke-58. Mendapat umpan dari Gian Zola, tembakan dilepas Sani Rizki dan membentur tubuh bek Thailand, Marco Ballini. Bola berubah arah dan gagal dihalau kiper Thailand, Korraphat Nareechan.

Timnas Indonesia U-22 berhasil berbalik unggul pada menit ke-63. Seperti halnya gol yang dicetak Thailand, Tim Garuda Muda berhasil mencetak gol lewat tandukan Osvaldo Haay setelah menerima umpan tendangan bebas Luthfi Kamal Baharsyah.

Tertinggal satu gol membuat pemain Thailand termotivasi untuk bisa menyamakan kedudukan lagi. Pemain Thailand berusaha menekan lini pertahanan Tim Garuda Muda.

Dalam keadaan unggul, Timnas Indonesia U-22 kehilangan bek tengah sekaligus kapten tim, Bagas Adi Nugroho, yang diusir wasit karena menerima kartu merah. Bagas melakukan tekel keras dengan dua kaki yang membuat wasit tak memberinya ampun dan mengusirnya dari lapangan.

Gawang Awan Setho kemudian digempur Thailand. Namun, kukuhnya pertahanan, meski tanpa Bagas Adi membuat Thailand tak berhasil memaksimalkan peluang-peluang yang mereka miliki.

Wasit meniupkan peluit panjang dan Timnas Indonesia U-22 resmi menjadi juara Piala AFF U-22 2019 dengan kemenangan 2-1 atas Thailand. (BB-BC)

Sumber : Bola.com