BERITABETA.COM, Masohi – Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua melepas jenazah almarhum Kepala Dinas Lingkungan Hidup Harissa SE, M.Ap kepada keluarga sebelum disemayamkan, dan diterima secara simbolis oleh  Kadis PPKAD Jainudin Ali, di rumah duka, Senin (15/7/19).

Jenazah almarhum disemayamkan di Masjid Al Muhajirin, Kelurahan Lesane, Kota Masohi, dan selanjutnya dimakamkan di TPU Kampung Baru Desa Haruru,  Kecamatan Amahai.

Harissa merupakan pejabat esolon II di lingkup Pemkab Malteng, almarhum menghembuskan nafas terakhir Senin pagi (15/7/2019) pukul 06.30 WIT, di kediamannya, kompleks Kampung Timur, Kelurahan Namaelo, Kecamatan Kota Masohi.

Harissa tutup usia saat masih mengemban jabatan di pemerintahan sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Maluku Tengah dan PLT Kepala BKKBN Maluku Tengah.

Tuasikal sebelum pelepasan jenazah, mengceritakan bahwa almarhum telah bekerja dengan baik dalam mendarmakan tugasnya sebagai Apratur Sipil Negara di Maluku Tengah.

“Sebagai Abdi Negara dan masyarakat kita harus ikhlaskan, memaafkan dan doakan almarhum. Agar Jenazah almarhum diterima disisi Allah SWT” pinta Tuasikal.

Tuasikal menuturkan bahwa almarhum adalah sosok yang baik.

 “Almarhum (ini) ini sosok yang baik. Beliau selalu taat kepada aturan. Kota Masohi yang begitu indah dan bersih ini adalah salah satu campur tangan Almarhum,” tutur Tuasikal.

Tuasikal meminta para ASN di lingkup Pemkab Malteng meniru kerja almarhum semasa menjalankan tugas sebagai ASN.

“Setelah kepergian beliau, bapa/ibu ASN harus mengikuti jejak almarhum saat menjalankan tugas. Karena saya tau beliau orang yang taat dan tidak mengenal waktu bekerja untuk daerah ini,” harapnya.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, almarhum sempat melakukan pemantauan proses pengangkutan sampah dari TPS yang dilakuakan para Tenaga Harian Lepas yang bekerja dibawa Dinas Lingkungan Hidup Malteng.

“Sebelum Almarhum meninggal, sempat beraktifitas menggunakan sepeda untuk mengecek proses pengangkutan sampah. Namun sekembalinya ke rumah ia menghembuskan nafas terakhir di kediamannya,” terang Tuasikal. (BB-FA)