BERITABETA.COM, Masohi -  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menggelar kegiatan Gerakan Muda Bangga Bernegara dan Beragama atau Gembira Beragama di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kegiatan ini digelar dalam  menghadapi tantangan global yang semakin kompleks seperti radikalisme dan terorisme dan dipusatkan di Aula Kantor Kementrian pada Kamis (05/09/2024).

Asisten III Sekda Maluku Tengah, M. Bahrun Kalaw membuka kegiatan ini sekaligus membacakan sambutan Pejabat Bupati Malteng, Rakib Sahubawa.

Dalam sambutannya, Sahubawa menyampaikan peran serta generasi muda menjadi sangat vital, karena mereka adalah ujung tombak dalam upaya menjaga keutuhan NKRI dan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama.

“Dengan mengedepankan pendekatan yang inklusif dan dialogis, saya yakin program Gembira Beragama dapat memberikan pemahaman yang mendalam  sekaligus menginspirasi kaum muda untuk menjadi agen perdamaian dan toleransi dalam lingkungan masing-masin,” ungkap Sahubawa.

Penjabat Bupati Malteng ini juga mengingatkan bahwa kebersamaan dan persatuan adalah kunci utama dalam menjaga keutuhan bangsa.

‘Kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting dalam membangun kesadaran dan tanggung jawab kita sebagai warga negara, terutama bagi generasi muda, untuk senantiasa menjaga keutuhan dan persatuan bangsa melalui penguatan nilai-nilai agama dan kebangsaan,” tandas Sahubawa.

Sahubawa ikut mengapresiasi langkah yang diambil oleh BNPT melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dalam menginisiasi pelaksanaan kegiatan ini.

‘Melalui kegiatan ini, saya mengajak mari perkuat semangat gotong royong dan saling menghargai antarumat beragama, sebagai wujud nyata kecintaan kita terhadap bangsa dan negara,” tutup Sahubawa (*)

Pewarta : Edha Sanaky