BERITABETA.COM, Ambon  - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca buruk tiga hari kedepan atau hingga 30 Desember 2021.

BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di 10 wilayah Maluku.

Wilayah-wilayah itu meliputi, Kota Ambon, Buru Selatan, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Kota Tual. Serta Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar, dan Maluku Barat Daya.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah tersebut," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Kamari dalam rilisnya diterima beritabeta.com,Senin (27/12/2021).

Sementara itu, Stasiun Meteorologi Maritim Ambon juga menyampaikan peringatan dini mengenai gelombang tinggi yang berpotensi menghampiri beberapa bagian wilayah perairan Maluku dari 27 sampai 28 Desember 2021.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Ashar di Ambon, mengatakan bahwa gelombang sangat tinggi, empat sampai enam meter, berpotensi terjadi di perairan Tanimbar dan laut Arafuru.

Gelombang dengan tinggi 2,5 sampai empat meter, ia melanjutkan, berpeluang terjadi di laut Seram, Laut Banda, perairan Sermata Leti, Babar, Kei, dan perairan Aru.

Sedangkan tinggi gelombang di perairan Buru, perairan Ambon-Lease, dan perairan selatan Seram diprakirakan 1,25 sampai 2,5 meter.

Ashar mengatakan bahwa gelombang tinggi bisa mengancam keselamatan pelayaran serta mengimbau para nelayan dan operator kapal menghindari wilayah perairan yang gelombangnya sedang tinggi atau sangat tinggi.

Dia juga mengimbau warga yang tinggal dan beraktivitas di area pesisir wilayah perairan yang gelombangnya diprakirakan tinggi untuk selalu waspada (*)

Editor : Redaksi