BERITABETA.COM, Ambon – Komandan Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar di Desa Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Upacara peringatakan HUT Kemerdekaan RI ini dipusatkan di SD Negeri I Desa Aboru,  Senin (17/8/2020).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw, sedangkan selaku Komandan Upacara (Danup) yakni Mayor Inf Hari Hendrik.

Upacara HUT RI yang dilaksanakan di Aboru tersebut berjalan dengan khidmat,  dihadiri sejumlah petinggi TNI di Maluku dan  peserta upacara terdiri siswa SD, SMP dan pelajar SMA serta masyarakat dan aparat TNI dan Polri.

Hadir dalam upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Aboru tersebut, Danrem 151/Binaiya, Asintel Kasdam XVI/Pattimura, Kapendam XVI/ Pattimura, Wadan Rindam XVI/ Pattimura, Waas Rendam XVI/ Pattimura, Danpomdam XVI/ Pattimura.

Kemudian Pabandya Jemen Srendam XVI/ Pattimura, Kabidhumas Polda Maluku, Kasi Intel Korem 151/Bny, Kasi Ter Korem 151/Binaiya, Dandim 1504/Ambon, Dandim 1503/Tual, Kasi OPS Brigif 27/Nusa Ina, Danramil 1504-07/Haruku, Kapolsek Haruku, Ketua Persit KCK Koorcab Rem PD XVI/Pattimura beserta pengurus, Camat Haruku, Raja Negeri Aboru, Para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA Haruku, dan Warga Masyarakat Sebanyak 200 orang.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI itu diwarnai para murid SD dan pelajar SMP maupun SMA, dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Usai upacara bendera, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw memberikan bantuan sosial berupa APD kepada Camat Pulau Haruku.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Aboru juga dimeriahkan dengan berbagai Perlombaan seperti makan kerupuk, gigit sendok, masukan pensil kedalam botol, lari karung yang di ikuti oleh peserta upacara dan warga aboru.

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw merasa bangga kepada masyarakat di pulau Haruku khususnya di Negeri Aboru, terutama para anak SD, SMP dan SMA yang sangat antusias mengikuti upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020.

“Kita sangat bersyukur dan memberikan apresiasi kepada masyarakat terutama anak-anak SD, SMP dan SMA, karena dengan semangat yang tinggi mengikuti upacara bendera sampai selesai,” katanya.

“Kita berharap kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan setiap tahun terus dilakukan di daerah-daerah, sehingga semangat nasionalisme masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak akan luntur, terutama anak-anak ditanamkan sejak dini melalui upacara bendera,” ujarnya. (BB-YP)