BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon menerima sebanyak 20 orang Lulusan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya asal Kota Ambon yang telah kembali usai menamatkan studinya.

Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, menjelaskan, ke-20 orang tersebut merupakan putra-putri terbaik yang dikirimkan oleh Pemkot Ambon, empat tahun yang lalu, untuk menimba ilmu di STKIP Surya dibawah asuhan Profesor Yohanes Surya.

“Empat tahun lalu, Pemkot membiayai mereka untuk sekolah dan kini mereka telah menyelesaikan studi, dimana dari 20 orang yang dikirim, 12 diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, sementara  1 orang menjadi lulusan terbaik,” kata Pj. Wali Kota usai menerima para lulusan STIKP Surya, didampingi Kepala Dinas Pendidikan F.Taso dan Kepala BKPSDM, B. Selano, Senin (18/7/2022) di Balai Kota

Diakuinya, keberhasilan lulusan STIKP Surya asal Ambon ini merupakan hal yang membanggakan, karena dapat menunjukan bahwa Kota Ambon tidak kalah dari daerah yang lain.

“Bagi Pemkot mereka ini membanggakan sekaligus menunjukan pada dunia kampus dan civitas akademika bahwa sumber daya manusia kita tidak kalah dengan daerah yang lain,” ujarnya.

Olehnya itu, sesuai dengan kesepakatan awal, maka lulusan STKIP Surya setelah menempuh pendidikan, diminta untuk kembali ke Ambon, guna membantu meningkatkan mutu pendidikan.

“Karena itu Bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala BKPSDM, nanti akan kita kaji dan pertimbangkan dari sisi aturan perundang–undangan yang berlaku, dimana memungkinkan untuk kita rekrut sebagai tenaga pengajar khususnya di tingkat SMP se-derajat dengan melihat kebutuhan sekolah dan jurusan yang mereka ambil,” jelasnya.

Wattimena berharap dimanapun lulusan STKIP Surya ditempatkan nantinya, dapat memberikan dampak yang positif bagi peningkatan mutu pendidikan di kota ini (*)

Editor : Redaksi