BERITABETA.COM, Ambon - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, kembali menggelar wisuda kepada  1.753 mahasiswa yang terdiri dari 1.544 lulusan sarjana, 72 lulusan profesi dokter, 134 lulusan magister dan tiga lulusan doctor.

Kegiatan wisuda yang berlangsung di Kampus Unpatti Poka, Ambon Selasa (14/12/2021) ini juga menghasilkan 95 orang dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude, karena berhasil menyelesaikan studi lebih awal dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas tiga.

Lulusan yang berasal dari Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru juga mengikuti wisuda secara daring.

Rektor Unpatti Prof Marthinus Johanes Saptenno mengatakan jumlah lulusan Unpatti periode Desember 2021 terbilang cukup banyak.

Ia berharap usai diwisuda, para lulusan tidak serta merta berhenti untuk belajar, melainkan terus menambah keahlian dan keterampilan mereka di bidang lainnya, guna bisa berkompetisi dalam dunia kerja.

Ia mencontohkan kemampuan berbahasa Inggris dan keterampilan di bidang teknologi informasi, keduanya penting dalam pasar kerja saat ini. Banyak calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang gagal dalam tes karena Bahasa Inggris.

"Banyak yang tes calon pegawai negeri sipil gagal karena bahasa Inggris, ke depannya ini menjadi ukuran untuk mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan jabatan, di samping materi-materi yang lain untuk yang diuji," ucap dia.

Ia meminta, para lulusan Unpatti jangan hanya berorientasi untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), tapi harus menciptakan lapangan pekerjaan, karena tidak mungkin bagi pemerintah untuk mempekerjakan semua lulusan perguruan tinggi sekaligus.

“Membuka lapangan pekerjaan baru, itu artinya membuka kesempatan kerja bagi masyarakat lainnya,”ungkap Rektor Unpatti.

Sapteno mencontohkan para lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan misalnya, mereka bisa mengembangkan perikanan budidaya, dan lulusan Fakultas Pertanian bisa mengembangkan metode pertanian berkelanjutan di pulau-pulau.

"Dengan jumlah lulusan yang begitu banyak begitu, belum juga dengan universitas yang lain, kalau tidak mampu berkompetisi maka menjadi masalah, mereka juga harus belajar bidang-bidang yang lain," kata dia.

Dari 1.753 mahasiswa yang mengikuti wisuda periode Desember 2021, wisudawan terbanyak berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yakni 484 orang, disusul Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 205 orang, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik 197 orang, Fakultas Teknik 189 orang, program pascasarjana 137 orang dan Fakultas Kedokteran sebesar 119 orang.

Sedangkan lulusan tersedikit berasal dari PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru sebesar 31 orang dan PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya 33 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 76 orang, Fakultas Pertanian 86 orang dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 88 orang (*)

Pewarta : Febby Sahupala