BERITABETA.COM, Ambon – Universitas Pattimura [Unpatti] Ambon kembali menggelar prosesi wisuda kepada 1.295 mahasiswanya pada, Senin (6/9/2022).  Dari ribuan wisudawan ini, 98 lulusan diantaranya dapat predikat cumlaude.

Kegiatan wisuda ini berlangsung dalam Rapat Terbuka Luar Biasa Senat dan digelar di Audiotorium Unpatti, Poka, Ambon.

Terdapat beberapa kategori jenjang yang diwisuda meliputi, Sarjana, Profesi, Magister, Doktor dan Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya.

Dari jumlah ini Fakultas Hukum memuluskan sebanyak 110 serjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 112 sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 364 sarjana, Fakultas Ekonomi 139 sarjana, Fakultas Pertanian sebanyak 88 sarjana, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 77 sarjana.

Kemudian, Fakultas Teknik sebanyak 126 sarjana, Fakultas MIPA sebanyak 6 sarjana, Fakultas Kedokteran sebanyak 70, PSDKU Aru 55 sarja, PSDKU MBD 31 sarjana, dan Pasca Sarja  sebanyak 59 magister.

Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof. Dr. Marthinus Johanes Saptenno, dalam sambutannya mengatakan, ribuan mahasiswa yang menbikuti wisuda itu berasal dari 9 fakultas, dan ditambah pasca sarjana.

Rektor juga mengatakan, bahwa setiap tahunnya, Unpatti melahirkan sarjana-sarjana baru yang nantinya akan diterjunkan ke masyarakat.

“Kita berharap para wisudawan akan mampu beradaptasi dengan masyarakat.

Dan juga mampu mampu menyelesaikan berbagai persoalandi tengah masyarakat termasuk didalamnya soal ketahanan pangan yang kini menjadi konsen pemerintah,” ungkap Sapteno.

Dikatakan, para sarjana harus mampu meningkatkan ilmu yang dimiliki, agar kehadiran mereka di tengah masyarakat, jadi bermakna bagi masyarakat itu sendiri.

Ketua Senat Unpatti Ambon, Prof. Dr. S E M Nirahua juga mengatakan, sarjana angkatan pertama dari program studi teknik geologi sebanyak 6 orang, yang merupakan hasil kerjasama dari Unpatti dengan Institut Teknologi Bandung.

“Sementara untuk PSKU Aru dan MBD, kita lakukan secara online, dalam rangka kita berupaya untuk mencegah penyebaran covid-19,”tuturnya.

Nirahua juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan, serta penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya, yang telah memfasilitasi PSKU sampai sekarang.

“Kehidupan bukanlah seberapa karir yang kita capai, melainkan seberapa banyak kita melihat kesalahan. Karena sering kali hal kecil kita abaikan, padahal sesuatu yang besar itu tumbuh dari sana,”ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, dengan pendidikan diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan bagi kemajuan dunia yang semakin berubah, semakin kompleks, dan sulit diprediksi.

“Pendidikan harus ditempatkan paling utama. Kita harus meninggalkan pola pikir lama, dan mengambil jalan perubahan, demi Indonesia, khususnya Maluku yang lebih maju,” tandas Gubernur.

Atas nama pemerintah daerah, Gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada Rektor dan seluruh Civitas Akademika Unpatti yang selama ini terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM yang unggul melalui pelaksanaan wisuda ini (*)

Pewarta : Feby Sahupala