BERITABETA.COM - Kabar tak menyenangkan datang dari artis senior Dorce Gamalama. Kondisi kesehatannya bermasalah hingga dirawat di intensive care unit (ICU) di Rumah Sakit Primaya, Bekasi, Jawa Barat.

Dorce menuai simpati publik. Pihak keluarga pun berharap agar presenter 58 tahun itu bisa segera pulih dan beraktivitas seperti sedia kala.

Presenter kawakan ini diketahui memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi. Dia menjadi presenter terkenal sejak 1989. Dorce lahir di Solok, Binjai, Sumatera Barat pada, 21 Juli 1963.

Selain bisa sebagai pembawa acara dan komedian, dia juga mahir membawakan lagu dalam berbagai bahasa asing, seperti Inggris, China, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, dan India.

Meskipun begitu, Dorce merasa lebih nyaman jika disebut sebagai penghibur, dan bukan penyanyi. Dengan begitu, Dorce yang kini menjajaki usia 58 tahun, semakin melambung di dunia entertainment sebagai seorang komedian.

Di dunia tarik suara, Bunda Dorce kerap menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers. Saat memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP), dia semakin tidak tertarik pada pelajaran sekolah. Dorce Gamalama lebih memusatkan perhatian pada bidang menyanyi.

Seiring waktu, Dorce juga mulai menyadari kecenderungannya untuk tertarik pada wanita. Hal ini dia manfaatkan untuk membuat penampilannya berbeda di panggung.

Saat beraksi menjadi komedian, dia berpura-pura menjadi wanita. Ketika itulah Dorce mendapatkan nama panggilan dari Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, yaitu Dorce Ashadi.

Hingga akhirnya Dedi Yuliardi memutuskan untuk mengubah jenis kelamin di Surabaya dan memiliki nama menjadi Dorce Gamalama. Gamalama sendiri adalah nama gunung di kawasan Ternate, Kepulauan Maluku.

Dorce Gamalama terus menjadi perhatian, termasuk saat dia memutuskan untuk ibadah haji dan menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Sebelumnya, Dorce sempat beberapa kali berganti nama panggung. Dorce pernah menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkapeer, hingga akhirnya dia mantap menggunakan nama Dorce Gamalama.

Sakit Diabetes

Putri angkat Dorce Gamalama, Siti Khadijah menyebut sang ibunda sempat meminta dibuatkan makanan sebelum kondisinya drop. Tetapi, ketika makanan siap, Dorce tak bisa dibangunkan.