BERITABETA.COM, Ambon – Memasuki hari ketiga sejak dibukanya pendaftaran Calon Penjabat Gubernur Maluku pada Senin 20 November- Rabu 22 November 2023 tercatat sudah ada tiga figur mendaftar di Sekretariat Panitia Kerja (Panja) DPRD Provinsi Maluku. 

Pantauan media ini, mantan Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum, tiba di Sekretariat Panja DPRD Provinsi Maluku, pada Rabu, (22/11/2023) sekitar Pukul 09.00 WIT, dengan membawa sejumlah berkas.

Terlihat di ruangan pendaftaran yakni ruang Merindu Paparisa DPRD Provinsi Maluku, Sapteno duduk bersama ditemani Ketua Panja, Jantje Wenno dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut hingga berakhirnya proses pendaftaran dirinya sekitar Pukul 10.00 WIT, Rektor keluar dan meninggalkan Sekretariat Panja.

Setelah Sapteno yang mendaftarkan diri pagi tadi, diikuti dua lagi putera Maluku yang ikut mencalonkan diri sebagai Penjabat Gubernur Maluku.

Kedua orang tersebut adalah Mayjen TNI-AD Dominggus Pakel M.M.S.I dan Rektor IAIN Ambon Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si. Mereka tiba di DPRD Provinsi Maluku, sekitar pukul 12:30 WIT bersama rombongan.

Usai mendaftar, kepada wartawan Rektor IAIN Ambon Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin mengatakan alasan dirinya mendaftarkan diri karena ingin melakukan yang terbaik kepada Provinsi Maluku.

"Saya kira, kami yang ikut pendaftaran ini adalah putera terbaik Maluku. Siapapun yang nantinya dipercayakan atau ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengemban amanah sebagai Pj. Gubernur Maluku ke depan ini, mudah-mudahan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik," kata Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Mayjen TNI, Dominggus Pakel menjelaskan pendaftaran hari ini telah berjalan dengan lancar. Semua pendaftar punya atmosfir yang sama yaitu untuk menyatukan dan membuat Maluku lebih baik ke depan. Agar Maluku di pulihkan, dan Maluku di tahirkan, sehingga nama Tuhan di permuliakan lalu Maluku mampu berkompetisi dengan seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

"Ini adalah suatu kekuatan bagi kita sehingga mari kita dayung bersama-sama. Maka itu saya berharap kita maju sama-sama, serta satu hati, satu darah dan Tuhan Memberkati kita samua untuk membangun Maluku ini,"harapnya. (*)

Pewarta: Febby Sahupala