BERITABETA.COM, Ambon  –  Enam pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi coronavirus disease (Covid-19) di Provinsi Maluku dinyatakan sembuh, setelah dilakukan hasil uji spesimen swab.

Keenam orang pasein tersebut, terdiri dari Kasus 02, nenek 74 tahun, Kasus 07 pelaku perjalanan dari Manado, Kasus 09 anak dari pasangan suami istri asal Saparua, Kasus 10 asal Seram Bagian Barat (SBB) dan Kasus 11 calon perwira Polda Maluku, ditambah dengan Kasus 01 asal Bekasi yang telah kembali ke daerahnya.

Kepastian ini disampaikan, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Maluku, Murad Ismail kepada awak media di kantor Gubernur, JUmat sore (17/4/2020).

Murad Ismail yang juga Gubernur Maluku ini menyatakan, untuk Kasus 02 seharusnya sudah bisa kembali ke rumahnya, namun sebelumnya harus dikakukan pembersihan dan penyemprotan rumah, serta sosialisasi kepada tetangga dari nenek 74 tahun itu.

“Nenek ini semestinya sudah pulang, namun sebelumnya harus penyemprotan dan pembersihan rumah, serta melakukan sosialisasi ke tetangga dari nenek, agar tidak ada lagi yang mengucilkannya, sehinga bisa berdampak kepada kondisi nenek dan keluarga,”jelasnya.

Walaupun demikian, kata Murad ada penambahan tiga kasus baru yang terkonfirmasi positif  Covid-19 di Maluku, sehingga dari 14 kini terkonfirmasi meningkat menjadi 17 kasus, 6 orang sembuh, 11 lainnya masih menjalani isolasi di RS di kota Ambon.

Penambahan tiga kasus ini dari Ambon, Kabupaten Buru dan Buru Selatan. Ketiganya merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), setelah hasil dilakukan  swab hasilnya positif.

“Yang dari Bursel merupakan Kasus 15, warga Desa Simi, Kecamatan Waesama. Dari Ambon merupakan Kasus 16, ia adalah pelaku perjalanan dari Jakarta, transit Makassar, sedangkan dari Buru Kasus 17, merupakan salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Jakarta Asal Kabupaten Alor, NTT yang datang bersama 14 temannya asal Buru yang sudah dinyatakan negatif dari hasil Rapid Test negatif,”urainya.

Kata dia, ketiga pasien sementara menjalani isolasi, Kasus 15 asal Bursel dan Kasus 16 asal Ambon di RS Lantamal, Hallong, sedangkan Kasus 17 asal Buru di RST Latumeten.

“Ketiganya dalam kondisi baik, namun hanya menunjukan gejala batuk, pilek dan lain sebagainya,”pungkas Murad (BB-CS)