BERITABETA.COM, Ambon – Empat pasien Coronavirus Disease (Covid-19) di Provinsi Maluku dinyatakan sembuh. Mereka adalah Kasus 04, Kasus 05, Kasus 13 dan Kasus 14.  Keempat pasien dinyatakan sembuh setelah  menjalani pemeriksaan sampel melalui metode Swab.

“Sesuai hasil pemeriksaan Swab sebanyak dua kali berturut-turut, jadi yang ketiga dan keempat kali dinyatakan sembuh,”ujar Ketua Harian Pelaksana Pencegahan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang dalam keterangan pers di kantor Gubernur, selasa (20/4/2020).

Dari hasil tersebut, maka kata selang dalam satu dua hari kedepan keempat pasien sudah bisa dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

“Keempat orang ini masih berada di Balai Diklat BPSDM Maluku, dan akan dipulangkan sehari dua hari ini ke rumah masing-masing, tentunya mereka akan dilengkapi dengan surat keterangan sembuh dari Covid-19,”tuturnya.

Ia mengakui, keempat pasien ini tidak dirawat di RS, hanya dirawat isolasi di Diklat BPSDM Maluku.

“Ini tentunya membuktikan kepada kita semua kalau kebetulan kita mendapat cobaan positif terhadap virus ini, maka kita tidak perlu panik, bisa dirawat di diklat dengan perlakuan medis khusus, cukup makanan bergizi, istirahat yang cukup dan suplemen, sehingga atas izin tuhan dan kinerja para medis keempatnya dinyatakan sembuh,”ungkapnya.

Ia berterima kasih kepada tim medis dan lebih khususnya kepada empat pasien yang mengikuti anjuran dari tim medis sehingga bisa sembuh.

Seperti diketahui sebelaumnya, enam orang telah dinyatakan sembuh, yakni kasus 01, kasus 02, Kasus 07, kasus 09, kasus 10, dan kasus 11, sehingga dari 17 orang terkonfirmasi positif, total 10 orang dinyatakan sembuh, sementara 7 kasus lainnya masih menjalani isolasi medis. PDP 15 orang dan ODP 87 orang (BB-OC)