BERITABETA.COM, Jakarta – Indonesia menjadi satu dari lima negara yang berhasil mengendalikan Covid-19 pada level 1. Hal ini menjadi topik pembicaraan yang diungkapkan Presiden Joko Widodo [Jokowi] dengan memamerkan capaian Indonesia dalam penanganan COVID-19.

"Pandemi Covid-19 telah memaksa dunia untuk berhenti sebentar dan harus mengembangkan cara dan normalitas baru," kata Jokowi saat membuka Kongres IV Persatuan Alumni GMNI secara virtual, Senin (6/12/2021).

Jokowi mulanya bicara soal pandemi COVID-19 yang memaksa dunia berhenti sebentar.

Presiden berharap, disrupsi ini harus dimanfaatkan sebagai peluang. Jokowi mengatakan Indonesia harus tetap maju dan mengendalikan pandemi serta ekonomi secara hati-hati.

"Ini ada peluang tatkala dunia berhenti sejenak kita harus tetap maju bergerak, tatkala dunia lockdown di mana-mana, kita dengan teliti mengendalikan pandemi dan ekonomi harus digerakkan secara hati-hati," ungkapnya.

Dalam kesempatan itulah Jokowi kemudian memamerkan capaian penanganan Covid-19 di Indonesia.

Adapun makna Level 1 berarti negara tersebut memiliki tingkat penularan rendah terhadap ancaman Covid-19.

"Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi COVID pada level 1. Hal ini menunjukkan kemampuan bangsa kita dalam menghadapi tantangan yaitu dengan gotong-royong dan memanfaatkan tantangan itu sebagai peluang," tutur Jokowi.

Jokowi juga bicara soal Presidensi G20. Dia meminta agar konferensi tingkat dunia itu dijadikan momentum untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional.

"Untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional, kepemimpinan Indonesia untuk mewarnai arah dunia dan kepentingan Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang," kata dia.

Menurutnya, hal itu juga merupakan perjuangan presiden ke-1 RI Sukarno atau Bung Karno. Kala itu, Bung Karno mendukung perjuangan negara-negara jajahan untuk memperoleh kemerdekaan.

"Perjuangan ini seperti perjuangan Bung Karno dalam memimpin negara-negara Asia Afrika. Sekarang ini kita memimpin negara-negara terkaya dunia untuk membangun dunia yang lebih baik yang lebih berkeadilan bagi kita semua, bagi masa depan dunia," ungkap Jokowi (*)

Editor : Redaksi