BERITABETA.COM, Bula — Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kembali dijatahi sebanyak 200 kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1384 dan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 35 kuota pada 2024 ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) SBT, Zainal Arifin Fanath kepada wartawan usai mengikuti kegiatan Launching intervensi serentak pencegahan stunting di Bula, Senin (3/6/2024).

Fanath merincikan, dari kuota 200 CPNS itu teridiri dari  100 kuota untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) dan 100 lainnya untuk teknis. Sementara untuk PPPK, kuota tersebut dibagi pada tenaga fungsional guru, tenaga fungsional kesehatan dan tenaga teknis.

"Tahun ini ada untuk CPNS dan PPPK. CPNS itu 100 di Nakes dan 100 di teknis. Sisanya di PPPK 1384," ungkap Zainal Arifin Fanath.

Dia membeberkan, khusus untuk perekrutan jenjang pendidikan SMA ini lebih fokus bagi tenaga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di daerah itu. Baik di kantor Satpol PP sendiri maupun yang ditempatkan di kecamatan-kecamatan.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata itu mengaku belum mengetahui secara pasti data untuk jenjang SMA, namun dia menyebut, untuk satu kecamatan dijatahi satu orang dan sekitar 20 orang lain yang bertugas di ibukota kabupaten.

"Insya Allah tahun ini katong (kami) juga dari SMA, karena kami pikir teman-teman di Satpol itu banyak yang jenjang pendidikannya SMA. Di kecamatan juga ada 15, kalau itu ada berarti 1 per kecamatan. Kalau pastinya saya belum tahu pasti, yang saya bisa kasih gambaran di Satpol itu ada 20 untuk SMA, di kecamatan itu 15, satu kecamatan satu," bebernya.

Ia berujar, berdasarkan informasi yang diterima, waktu untuk seleksi dilakukan pada bulan Juni ini, namun belum diketahui pasti akan dimulai pada tanggal berapa.

"Untuk tahun ini, bulannya dong (mereka) sudah bilang Juni, tapi tanggal kepastian untuk tes berapa belum tahu," ujarnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi