BERITABETA.COM, Ambon - Sebanyak 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Maluku yang menjalankan tugas Kontijensi di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, kembali ke Ambon, Maluku.

Kedatangan 210 personel Brimob Maluku itu diterima langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum melalui Upacara Purna Tugas personil Brimob BKO Polda Papua. 

Upacara Purna Tugas pengamanan antisipasi gangguan Kamtibmas dan pemungutan suara ulang pemilihan Bupati Kabupaten Yalimo, Papua 2022 itu berlangsung di Lapangan Polda Maluku, Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Senin (21/2/2022).

Kapolda Maluku didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes M.M, Irwasda Maluku, Kombes Pol Drs. Edy Yudianto dan seluruh pejabat utama Polda Maluku.

Kapolda Maluku mengaku  bangga kepada personil Satuan Brimob Daerah Maluku yang telah melaksanakan tugas di Kabupaten Yalimo, Papua. 

"Selaku Kepala Kepolisian Daerah Maluku, saya menyampaikan terima kasih, apresiasi, dan rasa bangga kepada seluruh personil yang telah memiliki dedikasi dan realitas, integritas dalam setiap pelaksanaan tugas selama ini, " katanya. 

Dikatakan, upacara Purna Tugas  ini merupakan kegiatan penerimaan kembali personil Satuan Brimob Polda Maluku sebanyak 2 SSK, yang telah selesai dan kembali dari daerah penugasan di Papua. 

Dijelaskan, 1 SSK Brimob Maluku yang dikirim berjumlah 105 orang personil di bawah pimpinan Iptu Anton Liming. Mereka berangkat penugasan pada 30 Oktober 2021. Ratusan personil itu bertugas selama 112 hari.  Sedangkan 1 SSK lainnya di bawah pimpinan Iptu Anggi Manullang diberangkatkan pada 23 Januari 2022. Selama 28 hari mereka bertugas di sana.

"Dari 210 personil yang berangkat, 1 personil masih tinggal di Papua karena akan melaksanakan pernikahan di sana pada 22 Februari 2022. Saya beserta seluruh keluarga besar Polda Maluku mengucapkan selamat kepada anggota kita yang akan melaksanakan pernikahan di Polda Papua, semoga menjadi keluarga yang bahagia sampai akhir kehidupan nantinya," imbuhnya. 

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu kembali menyampaikan selamat datang dan kembali ke kesatuan. Ia juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya. 

"Penugasan seperti ini sudah menjadi kesekian kalinya dan hal tersebut merupakan suatu kehormatan, kebanggaan bagi Polda Maluku ketika diberikan amanah dan kepercayaan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk membantu Polda lainnya," sebutnya. 

Menurut Kapolda, penugasan-penugasan tersebut memberikan reputasi yang baik kepada Polda Maluku terhadap amanah yang diberikan pimpinan. Apalagi tanggung jawab itu dapat dipertanggung jawabkan dengan keberhasilan tugas-tugas yang diberikan dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan penanganan pemilihan suara ulang di wilayah hukum Polda Papua selama 28 dan 112 hari. 

"Personel melakukan penggelaran beberapa wilayah antara lain pos PAM Abenaho, Pos PAM Bandara Elelim, dan Pos PAM Mapolresta Jayawijaya, di Kabupaten Yalimo," kata dia. 

Meski cukup banyak hambatan dan rintangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas,  namun atas kedisiplinan, loyalitas, integritas, dan atas kuasa Tuhan Yang Maha Kuasa, maka segala hal bisa dilakukan, serta mampu menyelesaikan tugas tersebut. 

Ke depan, tambah Jenderal Bintang 2 Polri di Maluku ini, tidak hanya diberikan amanah dan kepercayaan untuk menjaga daerah lain, tetapi yang paling utama adalah bagaimana juga menjaga Maluku agar menjadi provinsi yang aman, damai dan sejahtera. 

"Siapkan moril kalian, mental, tetap jaga kemampuan kompetensi dan keterampilan-keterampilan yang kita laksanakan," pintanya (*)

Pewarta : Febby Sahupala