BERITABETA.COM, Bula — Kepala Dinas Pariwisata [Dispar] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Zainal Arifin Fanath mempromosikan sejumlah potensi wisata di daerah itu kepada rombongan touring Motor Gede [Moge] GeSers Indonesia Motor Club.

Fanath mengungkapkan, kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu memiliki banyak potensi wisata yang luar sangat luar biasa. Mulai dari wisata bahari, budaya, cagar alam dan lain-lain.

"Kabupaten ini memiliki 52 pulau, kita punya wisata maritim, contohnya kawasan konservasi pulau Koon dan sekitarnya. Kita punya danau air asin di danau Sole. Wisata konservasi terumbu karang terbesar untuk kawasan timur ada di Pulau Koon. Wisata diving semuanya ada disini, termasuk mancing mania," ungkap Zainal Arifin Fanath saat jamuan makan siang bersama GeSers Indonesia Motor Club di Pantai Wisata Gumumae Kota Bula, Senin (28/02/2022).

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah [PPKAD] SBT itu membeberkan, Pantai Wisata Gumumae yang jadi titik kegiatan tersebut sebagai binaan Pemerintah Daerah [Pemda] SBT.

Kendati demikian, dia mengaku tempat wisata yang panjangnya sekitar 2,7 km itu belum dikembangkan secara maksimal untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah [PAD] pada sektor Pariwisata.

"Kami belum kembangkan secara maksimal, kami sangat membutuhkan infrastruktur jalan dan jembatan di kabupaten ini," bebernya.

Dia berharap, dengan kunjugan GeSers Indonesia Motor Club di kabupaten penghasil minyak bumi itu dapat memberi manfaat nyata, sekaligus dia menitipkan untuk mengajak kenalan dan para investor ikut mengembangkan tempat-tempat wisata di SBT.

"Kehadiran bapak-bapak di daerah ini, mungkin punya kenalan atau investor bisa kembangkan wisata di Kabupaten SBT," harapnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi