BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 20 orang calon taruna dari provinsi Maluku ini dinyatakan lulus seleksi tingkat daerah ini diberangkatkan pada Selasa, (29/6/2021) oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura Ambon untuk mengikuti seleksi lanjutan tingkat pusat di Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Mereka diberangkatkan oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin. Pemilihan calon taruna ini dipimpin langsung oleh Pangdam di Rindam XVI/Pattimura. Seleksi diikuti 66 orang namun yang berhasil lolos untuk ikut seleksi tingkat pusat yaitu 20 orang.

Adapun rangkaian pelaksanaan pemeriksaan dan pengujian calon taruna berupaa sumber umum/reguler dan spotting Tahun Anggaran 2021 Tingkat Panitia Daerah Kodam XVI Pattimura dilaksanakan sejak 21 hingga 28 Juni 2021.

“Prosesnya berlangsung ketat dan profesional baik secara administrasi, kesehatan, psikologi, mental ideologi dan jasmani. Calon Taruna yang di kirim untuk melanjutkan seleksi tingkat pusat sudah merupakan hasil seleksi dengan nilai yang terbaik sehinga kedepan menjadi prajurit yang berkualitas,” tandas Pangdam Pattimura.

Dari 20 calon taruna yang di kirim terdapat 18 orang atau 90 persen diantaranya adalah putera daerah Maluku dan Maluku Utara.

Hal ini menunjukkan, kata Pangdam, putera daerah Maluku dan Maluku Utara juga memiliki daya saing yang tinggi.

“Karena memang sejak awal sudah disosialisasikan bagaimana sistem penerimaan calon taruna di wilayah/sekolah-sekolah, sehingga tidak ada lagi mau daftar baru menyiapkan diri atau dengan istilah tiba saat, tiba akal,” jelasnya.

Selain profesionalitas dan kualitas menjadi faktor utama, Pangdam juga mempertimbangkan aspek – aspek keberagaman di Maluku.

Pangdam berterimah kasih kepada pimpinan Angkatan Darat khususnya Kasad, karena untuk tahun ini Kodam XVI/Pattimura mendapatkan tambahan kuota calon taruna menjadi 13 orang.

“Namun untuk seleksi di Magelang, kita kirim 150 % atau 20 orang calon taruna. Mohon doa dari masyarakat Maluku agar 13 orang dari 20 orang yang kita kirim dapat lolos menjadi taruna Akademi Militer,” harap Pangdam.

Berikut 20 calon taruna Akmil dari Maluku dan Maluku Utara yang ikut seleksi lanjutang di tingkat pusat;

Stayer   Spygodlief Armylando, Muhazrul Nandar Husyein Nahumarury, Giofrist Eykman Tomasoa, Satria Pratama M. Yasin, Nikeforus Rizky Lema, Calvin Bonny Tangkawarow.

Achmad Haykal Husein, Malino Dejesus Latue, Muhammad Rizal Talapuka, Benjamin Christo Turukay, Zidan Rahayaan, Almendo Wilfrit Beruatwarin, Mohammad Ismail Fazri Pelu, Ciantri Josias Niwele.

Putera Jaseba Pela Yudha, Dewa Lereaman Maaturwey, Bintang Wahyu Saputra Maruanaya, Brians Einstein Janjaan, Rafael Marcel Shane Wattimena, dan Moh Raihan Kusay Tamher. (BB-YP)