BERITABETA.COM, Ambon – Siapa tak kenal Kopi Joas? Di Kota Ambon rumah kopi dengan nama Joas sudah melegenda puluhan tahun lalu. Bukan saja rumah kopinya yang berada di kawasan Jalan Diponegoro, Kota Ambon itu yang banjir dikunjungi penikmat kopi.

Joas Layan, nama dari peracik kopi ini,  ternyata tidak hanya melayani pelanggan yang ingin menikmati kopi racikannya di tempatnya itu. Joas juga mengolah kopi dalam bentuk bubuk dan dijual ke sejumlah pelanggan. Salah satunya, adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti.

“Saya jual kopi bubuk hasil olahan sendiri, dan saat ini banyak yang memesan ke saya. Salah satunya Ibu Susi Pudjiastuti yang sebulan biasa memesan 15 bungkus untuk dikirim ke tempatnya,” ungkap Joas saat bincang-bincang dengan beritabeta.com, Sabtu sore (10/7/2021).    

Joas mengaku, setiap bulan bisa memproduksi kopi bubuk sebanyak 50 bungkus dengan ukuran per bungkus ½ kg. Kopi bubuk ini diproduksi secara tradisional dengan membeli hasil panen kopi dari petani di Pulau Seram.

“Kopi dari Seram, dan setiap bulan saya mengolahnya. Untuk konsumsi di rumah kopi dan juga untuk dijual dalam bentuk bubuk yang dikemas dalam plastik ukuran setengah kilogram,” tandasnya.

Untuk pesanan dari Susi Pudjiastuti, kata Joas, sudah menjadi rutin, karena setiap bulan pihaknya mengirim 7,5 kg atau 15 bungkus ke alamat yang ditujuh.

“Mungkin ibu Susi suka, karena kopi yang kami olah kalau dikonsumsi tidak terasa asam. Coba saja bung, kalau kopi lainya jangan coba karena yang punya gejala asam lambung bisa beresiko,” tutur Joas mempromosikan kopi bubuk buatnnya itu.

Untuk harga per bungkus kopi buatan-nya, Joas yang sudah menggeluti profesi sebagai barista di kota Ambon sejak tahun 1981 ini, membandrolnya dengan harga Rp. 100 ribu per bungkus.

Dengan harga ini, artinya dalam sebulan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu harus merogoh kocek sebesar Rp 1,5 juta untuk memesan kopi olahan Joas di Ambon.

Susi Pudjiastuti memang dikenal sebagai pribadi eksentrik dan apa adanya. Sejak menjabat sebagai Menteri namanya cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia yang anti pencitraan.

Di akun media sosial Twitter, Susi  cukup interaktif dengan para pengikutnya (follower). Bahkan,  salah satu foto yang viral diunggah di akun Twitternya  @susipudjiastuti,  saat sedang ngopi sambil merokok di tengah lautan.

Pada Januari 2017 silam, Susi Pudjiastuti mengunggah beberapa buah foto saat dirinya naik kano di hamparan lautan. Terlihat, Susi mengunggah empat buah foto di akun Twitternya, tatkala ia mengayun kano di Pangandaran.  Dalam foto itu, Susi tengah menyeruput secangkir kopi dan jarinya mengapit sebatang rokok (*)

Pewarta : dhino pattisahusiwa