BERITABETA.COM, Bula — Selama tiga jam Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) diguyur hujan deras, mengakibatkan sejumlah rumah warga dan bangunan perkantoran terendam banjir.

Pantauan beritabeta.com di depan Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bula, Sabtu siang (10/7/2021), sejumlah tempat usaha dan rumah warga di Desa Wailola terendam air setinggi 50 cm.

Salah satu warga Desa Wailola, saat ditemui di sela-sela membersihkan selokan di depan rumahnya yang tergenang banjir mengungkapkan, masalah banjir yang sudah menjadi langganan di Kota Bula itu, seakan tidak digubris oleh pemerintah daerah  setempat.

Ibu rumah tangga itu mengaku, setiap musim hujan rumahnya tergenang banjir. Bahkan dia membeberkan, sejak dua hari lalu rumahnya terendam banjir. Namun tidak mendapat perhatian dari Pemkab SBT.

"Pemerintah cuma foto-foto, kenapa masyarakat sengsara begini?. Untung banjirnya  siang, kalau malam bagaimana? Orang tidur enak tapi katong (kami) menderita" ungkap salah satu ibu dengan nada kesal.

Banjir juga terjadi di Dusun Waigondar Desa Bula, sejumlah rumah di kawasan tersebut terendam banjir parah. Kedalamannya hingga mencapai pinggang orang dewasa.

Penjabat Kepala Desa Bula, Ismail Pattikupang saat dikonfirmasi media ini membeberkan sekitar 50 rumah warga di Desa Bula Kecamatan Bula terendam banjir akibat hujan deras pada siang tadi.

Menyikapi kondisi tersebut, Dia mengaku sedang berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) SBT untuk dilakukan normalisasi pada beberapa sungai di Kota Bula.

"Pasca banjir ini kami melakukan pendataan rumah warga terdampak, kemudian kordinasi bantuan ke Dinas Sosial. Termasuk kordinasi alat berat untuk normalisasi sungai" ungkap Pj Kepala Desa Bula, Ismail Pattikupang.

Sementara itu pantauan di depan Kantor Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT, akses masyarakat di jalur itu sekejab terhenti.

Kendaraan bermotor tidak dapat melewati akses jalan sepanjang pertigaan Kantor Kementerian Agama (Kemenang) SBT menuju perempatan Kantor Pemilihan Umum (KPU) SBT akibat arus air yang kencang dan tergenang di jalan raya.

Beberapa pengendara sepeda motor memilih berhenti dan berteduh di rumah warga, namun banyak pengendara yang nekat memilih jalan pintas di samping gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT yang juga digenangi air hujan (*)

Pewarta : Azis Zubaedi