BERITABETA.COM, Bula — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas III Geser memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur Kota Bula dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Geser, Cipta Utama saat dihubungi beritabeta.com dari Kota Bula melalui telepon WhatsApp pada Minggu (8/9/2024).

Cipta mengungkapkan, berdasarkan prakiraan mereka, untuk hari ini hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpeluang terjadi hingga pada malam hari nanti.

"Kalau sampai malam masih berpeluang hujan, tapi intensitasnya masih ringan ke sedang. Kadang-kadang sedang, kadang-kadang ringan," ungkap Cipta Utama.

Kendati demikian, kondisi daerah Bula dan sekitarnya yang rawan terjadi banjir saat hujan terjadi, dia menghimbau kepada warga agar tetap waspada, terutama mereka yang bermukim di pinggiran sungai dan tebing curam yang rawan terjadi longsor.

"Himbauan untuk warga agar tetap tetap waspada, terutama warga di pinggiran sungai dan tebing curam yang rawan longsor. Dan tetap mengikuti informasi dari BMKG dan instansi terkait," imbaunya.

Sebelumnya, Puluhan rumah di Kecamatan Bula dan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak malam hingga pagi tadi.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com di Bula, Minggu (8/9/2024), kawasan yang terendam banjir itu terjadi di Desa Bula, Desa Wailola, Desa Limumer dan Desa Sesar Kecamatan Bula serta Desa Rukun Jaya dan Desa Dreamlean Hils di Kecamatan Bula Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) SBT, M. Bahrum Weulartafella saat dihubungi tidak merespon. Pesan WhatsApp yang dikirim sudah membaca, namun tidak dibalas.