BERITABETA.COM, Bula — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kelas III Geser menyampaikan prakiraan potensi hujan ringan masih terjadi di Kota Bula Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG kelas III Geser, Cipta Utama saat dikonfirmasi beritabeta.com melalui telepon selulernya, Sabtu malam (10/7/2021).

Cipta Utama menjelaskan, BMKG kelas III Geser sejak pagi tadi telah mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Kabupaten SBT meliputi Kecamatan Bula, Bula Barat, Werinama dan sekitarnya berpotensi hujan.

"Untuk besok diprakirakan wilayah Bula dan Bula Barat berawan dan berpotensi hujan ringan, untuk wilayah SBT umumnya berawan hingga hujan ringan pada siang hari" ungkap Cipta Utama.

Kendati demikian, dia berharap masyarakat di wilayah tersebut tidak perlu panik. Namun tetap waspada dan terus memantau informasi setiap saat di website www.bmkg.go.id atau pun melalui aplikasi info BMKG.

"Jadi kita harap masyarakat tetap waspada namun jangan panik" harapnya.

Diberitakan sebelumnya, selama tiga jam Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) diguyur hujan deras, mengakibatkan sejumlah rumah warga dan bangunan perkantoran terendam banjir.

Pantauan beritabeta.com di depan Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bula, Sabtu siang (10/7/2021), sejumlah tempat usaha dan rumah warga di Desa Wailola terendam air setinggi 50 cm.

Penjabat Kepala Desa Bula, Ismail Pattikupang saat dikonfirmasi media ini membeberkan sekitar 50 rumah warga di Desa Bula Kecamatan Bula terendam banjir akibat hujan deras pada siang tadi.

Menyikapi kondisi tersebut, Dia mengaku sedang berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) SBT untuk dilakukan normalisasi pada beberapa sungai di Kota Bula.

"Pasca banjir ini kami melakukan pendataan rumah warga terdampak, kemudian kordinasi bantuan ke Dinas Sosial. Termasuk kordinasi alat berat untuk normalisasi sungai" ungkap Pj Kepala Desa Bula, Ismail Pattikupang. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi