BERITABETA.COM, Bula — Puluhan rumah di Kecamatan Bula dan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak malam hingga pagi tadi.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com di Bula, Minggu (8/9/2024), kawasan yang terendam banjir itu terjadi di Desa Bula, Desa Wailola, Desa Limumer dan Desa Sesar Kecamatan Bula serta Desa Rukun Jaya dan Desa Dreamlean Hils di Kecamatan Bula Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) SBT, M. Bahrum Weulartafella saat dihubungi tidak merespon. Pesan WhatsApp yang dikirim sudah membaca, namun tidak dibalas.

Sementara itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 1502-06/Bula, Lettu Infanteri Muhamat Jen Anjarang saat dihubungi secara terpisah mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterima dari anak buahnya di lapangan, banjir terjadi di Desa Wailola, Kecamatan Bula pada pukul 07.00 WIT setinggi lutut orang dewasa.

"Laporan dari personil kami, di Desa Wailola sebagian mengalami banjir dengan ketinggian satu mata kaki orang dewasa hingga satu lutut orang dewasa," ungkap Muhamat Jen Anjarang.

Anjarang membeberkan, kondisi yang sama juga terjadi di Desa Rukun Jaya Kecamatan Bula Barat.

Dia mengaku, akibat luapan banjir ini, masjid pada desa transmigrasi itu ikut terkena dampak luapan banjir, sehingga salah satu personilnya bersama dengan masyarakat pada pagi tadi melakukan pembersihan.

"Pada Pukul 10.00 WIT, Babinsa Desa Rukun Jaya Kecamatan Bula Barat, Sertu Ismail Matuseya bersama masyarakat melaksanakan pembersihan Mesjid An- Nur yang terkena air luapan banjir pasca hujan," bebernya.

Sementara itu, di Desa Dreamland Hils Kecamatan Bula Barat, sebagian rumah warga di RT 06 terendam banjir dengan ketinggian lutut orang dewasa.

"Sebagian perumahan masyarakat RT 06 Desa Dreamland Hills, Kecamatan Bula Barat terendam banjir dengan ketinggian lutut orang dewasa, tidak ada korban jiwa," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi