BERITABETA.COM, Ambon – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menyerahkan 120 paket bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku.

Ratusan paket bantuan APD ini, terdiri dari penutup kepala, sarung tangan, baju hazmat, sepatu boot, kacamata googles dan masker. Bantuan ini diterima Ketua Harian Gugus Tugas (Gustu) Kasrul Selang, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh di lantai dua Kantor Gubernur, Rabu, (22/4).

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Maluku Niviarsano Manulang mengatakan, penyaluran bantuan ini merupakan   Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang diperuntukkan kepada tenaga medis maupun tenaga pendukung yang melakukan tugas di Rumah Sakit.

Saat ini, kata Manulang,  wabah Covid-19 yang berlangsung, telah berimbas secara luas. Salah satu dampaknya adalah fasilitas kesehatan jadi rebutan yang akhirnya ketersediaannya menjadi minim. Di sisi lain, tidak mudah mendapatkan fasilitas ini.

“Kami melihat hal ini tidak bisa hanya menggantungkan pemerintah saja yang bergerak, tapi kita semua unsur yang ada di wilayah Maluku harus ikut mendukung,” ungkap Manulang.

Manulang mengaku, selain memberikan bantuan APD, pihaknya bersama perbankan lainnya, sering memberi bantuan sosial berupa makanan, berupa  nasi bungkus kepada masyarakat sekitar seperi tukang ojek, tukang becak, penjual asongan, sopir angkot.

Dengan kinerja seperti ini, semoga lembaga maupun individual lainnya ikut tergerak, karena tidak mungkin masyarakat bisa bertahan dalam kondisi ekonomi seperti ini. Atas dasar itu, pihaknya maupun lembaga terkait lainnya perlu berbagi.

“Dedikasi untuk negeri ini telah kami lakukan sejak dua bulan lalu. Harapannya, semoga hal seperti ini dapat kami lakukan dalam beberapa bulan kedepan, sambil melakukan evaluasi perihal pelaksanaannya. Apa perlu ditambah lagi atau seperti apa?” ujar Manulang.

Menanggapi penyerahan ini, Kasrul Selang mengatakan, untuk saat ini banyak para distributor memberikan APD, Rapid Test, dan fasilitas lainnya kepada Gustu Covid-19 Maluku.

“Saat ini, APD dan  Rapid Test serta peralatan lainnya banyak diberikan para distributor dalam jumlah bervariasi. Singkatnya, kami tidak pernah bekerja sendirian dalam penanganan virus ini. Semua kalangan, sebisanya kami libatkan. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih atas bantuan ini,” kata Kasrul (BB-DIO)