BERITABETA.COM, Ambon – Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Maluku melaksanakan serangkaian menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus 2021.

Selain vaksinasi Kwarda Maluku juga ziarah kubur dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kapahah Kecataman Sirimau Kota Ambon.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail mengatakan, vaksinasi terhadap para anak atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) serta andalan pengurus dari Pramuka dan keluarga, merupakan rangkaian kegiatan bulan Bakti Pramuka selama Agustus 2021, sekaligus menyambut HUT Gerakan Pramuka ke-60.

“Vaksinasi ini kami lakukan mengingat saat ini wilayah kita masih dilanda pandemi Covid-19. Penyebaran virus belum selesai, sebab korban terpapar terus berjatuhan. Untuk itu, perlu ada upaya bersama guna memperoleh imunitas secara maksimal yang kemudian dapat memicu respon kekebalan dan menguatkan respon imun melalui suntikan vaksin,” ujar Widya kepada wartawan di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku, didampingi Sekretaris Kota Ambon Anthony G Latuheru, dan Kadis Kesehatan Kota Ambon dr. Wendy Pelupessy, Selasa (03/08/2021).

Menurut Widya, program vaksinasi ini, tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari Covid-19. Begitu juga dengan vaksinasi tak serta-merta menggantikan implementasi protokol kesehatan.

Karena itulah, kata dia, pelaksanaan vaksinasi harus tetap diringi dengan disiplin dalam menerapkan 5M, dan melanjutkan budaya 3T.

“Kita harus tetap berikhtiar dan waspada, karena itulah protokol kesehatan menjadi satu kewajiban yang harus kita patuhi dan kita laksanakan. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengindari kerumunan, dan membatasi mobilitas, baik saat ini, maupun setelah bapak dan ibu selesai menjalani vaksinasi,” jelasnya.

Kegiatan vaksinasi yang dipusatkan di Dispora Maluku salah satunya Kwarda Maluku ingin bersilaturahmi dan melihat langsung juga mengetahui persiapan para anak PPLP sebelum berangkat ikut PON.

Widya menyebut, target vaksinasi hari ini sebanyak 50 orang, tetapi bertambah menjadi 150 orang.

"Alhamdulillah target kami 50 orang, tetapi melebihi yakni 150. Ini menjadikan kepuasan dan kebanggaan karena Kwarda Maluku turut bantu pemerintah dalam penyebaran Covid-19 di Maluku,” tambah Widya.

“Kita semua tahu Kota Ambon ternyata masih zona merah. Artinya tugas kita semua tidak hanya Pramuka, saya rasa para wartawan dan seluruh masyarakat kita sama-sama harus semangat dan tetap mematuhi protokol kesehatan tidak hanya 3M lagi tetapi 5M,"kata Widya.

Ia mengajak seluruh pihak untuk bergandengan tangan dan saling memahami, pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga masih banyak yang harus disosialisasikan kepada masyarakat.

Widya menambahkan, rangkaian Kwarda Provinsi Maluku selama dua hari ini juga membagikan sembako di beberapa titik di kota Ambon.

Seterusnya, lanjut dia, pada 13 - 14 Agustus 2021 Kwarda Pramuka Maluku akan melakukan zoom meeting secara virtual bersama Kwarnas dalam rangka HUT Pramuka ke 60 tahun.

Dia juga mengharapkan dukungan dari Pers untuk terus mensupport pemerintah dalam membantu memutus mata rantai Covid-19 di wilayah Maluku. (*)

Pewarta: Febby Sahupala