BERITABETA.COM, Ambon – Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini kembali memanggil 7 pemain baru untuk mengikuti seleksi memperkuat tim besutannya. Dari 7 muka baru itu, satu adalah nyong Ambon, Ikhwan Ali Tanamal. Remaja binaan PPLP Bogor itu berposisi pemain tengah.

Ikhwan bermain sebagai jenderal lapangan tengah tim Kabupaten Bogor dalam Kejurnas antar PPOPM beberapa waktu lalu hingga menembus runner-up, membuatnya dilirik Fachri Husaini untuk berseragam Timnas Indonesia.

Ikhwan akan bergabung dengan 29 pemain lainnya di Timnas Indonesia U-19 dan akan menjalani pemusatan latihan menatap Kualifikasi Piala Asia 2020. Dari 30 nama yang dipanggil, tujuh di antaranya nama baru.

“Tentu ini kebanggan buat insan olahraga dan masyarakat Kanupaten Bogor. Bahwa sistem pembinaan yang kita jalankan diakui dalam level nasional, bahkan internasional,” kata Direktur Teknik PPOPM Kabupaten Bogor, Yadi Mulyadi.

Timnas U-19 mulai menjalani pemusatan latihan (TC) pada 1 Oktober di Stadion Padjajaran, Bogor. Fakhri Husaini memanggil sebagian besar muka-mua lama.

Sebanyak 23 nama merupakan skuat di Piala AFF U-18 yang digelar di Vietnam. Sementara itu, selain Ikhwan ada diantaranya yang pernah masuk di Timnas Indonesia U-16. Antaranya, Andre Oktaviansyah dan Fadillah Nur Rahman.

“Tujuh orang baru dalam tim nanti untuk pemusatan latihan dan seleksi. Andre (Oktaviansyah) dan Fadillah (Nur Rahman) saya panggil kembali. Saya ingin melihat lagi kemampuan mereka. Termasuk Andre yang baru sembuh dari cedera. Fadillah saya plot untuk memperkuat lini belakang dan mencari pelapis yang sudah ada. Lima lainnya saya memantau mereka dari beberapa PPLP, termasuk kebutuhan satu kiper lagi untuk, melapisi Ernando, Rizky dan Adisatryo,” ujar Fakhri dari situs PSSI.

Fakhri pun menegaskan tetap menerapkan sistem promosi dan degradasi. Oleh karena itu, pemain dituntut untuk menunjukkan penampilan terbaiknya agar masuk dalam skuat inti.

“Ini supaya para pemain saling berkompetisi dan bersaing untuk mendapatkan tempat di tim. Jadi tidak menutup kemungkinan mereka yang sudah ada sebelumnya, aman. Mereka harus mengerahkan dan menunjukkan semua kemampuan. Karena saya mempersiapkan tim untuk bisa lolos ke final Piala AFC U19 yang kualifikasinya akan berlangsung di Indonesia,” tuturnya.

Daftar nama 30 pemain Timnas U-19 TC Bogor:

Kiper:

1. Ernando Ari Sutaryadi – Persebaya Surabaya

2. Muhammad Risky Sudirman – Persija Jakarta

3. Muhammad Adisatryo – PPLP Jakarta

Belakang:

4. Komang Teguh Trisnanda – Diklat Ragunan

5. Muhammad Salman Alfarid – Diklat Ragunan

6. Bayu Mohamad Fiqri – ASIFA

7. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi – Barito Putera

8. Mochammad Yudha Febrian – Barito Putera

9. Rizky Ridho Ramadhani – Persebaya Surabaya

10. Muhammad Fajar Fathur Rahman – ASAD 313

11. Muhammad Fadhil Adhitya Akshah – PPLP Jakarta

12. Alfeandra Dewangga – PPLP Jawa Tengah

Tengah:

13. Brylian Negiehta Dwiki Aldama – Persebaya Surabaya

14. Theo Fillo Da Costa Numberi – Persipura Jayapura

15. David Maulana – Barito Putera

16. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung

17. Khairul Imam Zakiri – Leganes Academy

18. Rendy Juliansyah

19. Braif Fatari – Persija Jakarta

20. Mochammad Supriadi – Persebaya Surabaya

Depan:

21. Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri – Barito Putera

22. Saddam Emiruddin Gaffar – PPLP Jawa Tengah

23. Sutan Diego Armandoondriano Zico – Persija Jakarta

Pemanggilan Baru:

24. Andre Oktaviansyah – Tengah – Tira Persikabo

25. Fadilah Nur Rahman – Belakang – Diklat Ragunan

26. Serdy Hepyfano – Depan – PPLP Maluku Utara

27. Jarson Armandi – Tengah – PPLP Papua

28. Taufik Alif Hidayat – Belakang – PPLP Sumatra Barat

29. Ikhwan Ali Tanamal – Tengah – PPLP Bogor

30. Fatur Alamsyah – Kiper – Badak Lampung.(BB-DIO)