BERITABETA.COM, Masohi – Sebanyak 161 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dilepas Penjabat Bupati  Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy di Masjid Agung Ibnu Abdullah (Masjid Raya) Kota Masohi, Rabu (14/6/2023).

Ratusan CJH ini terdiri dari 64 laki-laki, dan 97 lainnya perempuan yang berasal dari 11 kecamatan yang ada di  Maluku Tengah. Meraka akan tergabung dalam kloter ke 34 dan akan berangkat dari Embarkasi Makassar pada Sabtu 17 Juni 2023.

Para Jemaah haji berasal dari Kecamatan Amahai 23 orang, Kota Masohi 75 orang, Tehoru 13 orang, Telutih 3 orang , Seram Utara 15 orang, Seram Utara Barat 4 orang, Saparua Timur 2 orang. Kemudian kecamatan Pulau Haruku 2 orang, Leihitu 14 orang, Salahutu 3 orang dan Banda 6 orang. Sementara satu orang lainnya mengikuti CJH Kota Ambon.

Marasabessy dalam sambutannya mengingatkan, agar para Jemaah untuk fokus dalam menjalankan ibadah haji, karena tidak semua orang punya kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ke baitullah.

“Banyak yang berkeinginan tetapi belum diberi kesempatan untuk menunaikannya. Maka gunakanlah waktu selama di Tanah suci untuk memperbanyak ibadah seperti berzikir, berdo'a, bersodaqoh dan tawakal. Kesemuanya ini adalah bertujuan untuk meraih ridho dan rahmat dari Allah SWT, menjadi haji Mabrur," pinta Marasabessy.

Pj Bupati Malteng ini juga berharap para calon haji tetap diberikan kemudahan dalam perjalanan menuju tanah suci dan menjalankan rukun haji hingga kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dengan mendaptkan haji yang mabrur.

Kami berdoa agar pelaksanaan rukun dan wajib haji yang dilaksanakan nanti, dapat sah dan sempurna serta kembali ke tanah air, dengan membawa predikat Haji Mabrur,” harapnya.

Selain itu, jamaah haji asal Malteng juga diminta untuk tetap menjaga nilai-nilai budaya Indonesia. Harus pula menjunjung tinggi serta dapat mengimplementasi setiap pergaulan jamaah pada saat melaksanakan ibadah maupun berinteraksi dengan jamaah yang berasal dari negara lain.

Marasabessy mengucapkan selamat jalan kepada seluruh tama-tamu Allah dalam menjalankan ibadah haji, hingga kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing.

“Atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten  Maluku Tengah, saya mengucapkan selamat jalan kepada seluruh tamu-tamu Allah sekalian," tutupnya (*)

Editor : Redaksi