BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan puluhan Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menerima bantuan perangkat internet (WIFI) dari Badan Aksesbilitas Telekomonikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) SBT M. Syukur Kilwarany di Kantor Dinas Kominfo SBT, Senin (8/11/2021).

Kilwarany mengungkapkan, terdapat 129 sekolah di kabupaten penghasil minyak bumi itu terdata menerima bantuan wifi. Namun dari 30 titik yang disebarkan itu terdiri dari 20 lebih satuan pendidikan SD dan SMP yang menerima pada tahap ini.

"Untuk SD dan SMP kita fokuskan untuk 20 lebih yang kita serahkan. Kalau hari ini ada sekitar 15 yang menerima, ada 5 OPD yakni Inspektorat, Dinas Lingkungan Hidup, PTSP, Dikbudpora dan Kominfo," ungkap M. Syukur Kilwarany

Ia membeberkan, program tersebut sebagai perwujudan dari visi-misi Bupati dan Wakil Bupati SBT (Abdul Mukti Keliobas - Idris Rumalutur) terkait konektivitas antar wilayah.

Pendiri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maritim di Kota Bula itu menargetkan pada 2022 mendatang, semua desa di lima belas kecamatan sudah merdeka jaringan telepon maupun jaringan internet.

"Dengan adanya ini berarti kesenjangan antara wilayah di bidang jaringan komunikasi maupun internet bisa terjawab secara perlahan-lahan," bebernya.

Dia berharap dengan bantuan internet tersebut, pihak OPD maupun sekolah-sekolah dapat memanfaatkan secara baik untuk pelayanan publik maupun kesiapan menghadapi UNBK dan ANBK.

"Mudah-mudahan perangkat wifi ini mereka bisa gunakan sebaik mungkin untuk pelayanan publik maupun kesiapan anak-anak sekolah dalam mengikuti UNBK dan ANBK," harapnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi