BERITABETA.COM – Siapa sih yang tidak mengenal hewan yang satu ini? Undur-undur mainan jaman dahulu dimasa kecil. Siapa sangka ternyata undur-undur memiliki manfaat untuk kesehatan. Nama undur-undur diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. Namun undur-undur kini sulit didapat karena habitatnya lenyap oleh bangunan-bangunan modern.

Sedangkan habitat undur-undur adalah tanah gembur yang tidak berlembap. Undur-undur yang berkualitas biasanya terdapat di daerah pegunungan. Undur-undur sering digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit. Apa saja khasiat undur-undur? Berikut  khasiat undur-undur untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula merupakan gangguan pada mata yang menjadi penyebab kebutaan.Biasanya penyakit ini dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Namun tak menutup kemungkinan penyakit ini bisa dialami pada usia muda. Untuk mencegah terjadinya degenerasi makula, mengonsumsi undur-undur bisa menjadi obat alternatif penyakit ini lho. Kandungan omega-3 yang ada pada undur-undur dipercaya baik untuk mencegah dari kebutaan.

2. Mengobati Asma

Asma ataupun sesak napas yaitu penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan. Mengkonsumsi undur-undur ternyata bisa pembengkakan pada paru-paru sehingga paru-paru akan kembali normal.

3. Menyembuhkan Rematik dan Asam Urat

Rematik dan asam urat terjadi karena peradangan dan sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah. Kaya akan omega-3, undur-undur dipercaya dapat menyembuhkan asam urat, selain itu undur-undur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga dapat menghidar dari serangan penyakit rematik.

Undur-Undur

4. Menyembuhkan Diabetes

Kandungan zat sulfonylurea pada undur-undur dapat membantu pankreas memproduksi insulin sehingga bisa menurunkan kadar gula pada tubuh. Dibeberapa negara terutama di Tiongkok, undur-undur dikenal sebagai salah satu bahan obat untuk penderita diabetes. undur-undur ini punya kandungan zat sulfonylurea yang bisa memperlancar pankreas untuk menghasilkan insulin. Jika insulin diproduksi dengan baik, otomatis gula darah dalam tubuh pun akan terkontrol dengan baik.

5. Mengobati Stroke

Stroke disebabkan karena meningkatknya tekanan darah terlalu tinggi yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada tubuh. Nah, mengonsumsi undur-undur dipercaya dapat mencegah meningkatnya tekanan darah pada tubuh. Dilansir berdasarkan Palembang.tribunews.com, undur-undur mampu mencegah desakan darah yang hebat. Maka dari itulah, stroke akan teratasi dengan baik dan juga mampu melindungi kesehatan syaraf.

6. Menurunkan Kolestrol

Ada dua hal yang menyebabkan seseorang memiliki kolestrol tinggi, yakni makanan dan produksi zat lipid berlebih. Untuk manfaat undur-undur kali ini mampu menurunkan kolestrol akibat produksi zat lipid yang berlebihan dari dalam tubuh. Pasalnya, undur-undur ini dipercaya mampu menghimpit produksi zat lipid yang ada di dalam hati.

Dengan begitu, kolestrol yang tinggi pun dapat berkurang secara berkala. Tentu saja, Anda harus mengonsumsi undur-undur dengan trik yang benar dan takaran yang tepat.

Dikatakan bahwa mengonsumsi undur-undur secara hidup-hidup akan lebih baik. Sebab, jika Anda memasaknya atau mengolahnya terlebih dahulu maka khasiat undur-undur akan hilang.

Alhasil, Anda tidak bisa mendapatkan manfaat apa-apa dari undur-undur. Cara mengonsumsinya, Anda bisa mencuci undur-undur kecil terlebih dahulu. Kemudian, masukan undur-undur yang sudah bersih ke dalam kapsul kosong. Kapsul ini bisa Anda beli di apotek terdekat. Setelah itu, minumlah kapsul berisi undur-undur seperti Anda meminum obat.

Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk mengobati penyakit yang sudah disebutkan di atas. Namun, Anda harus mengonsumsinya dengan tepat agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. Konsultasikan ke dokter sebelum mencoba mengonsumsi undur-undur. (BB)

Editor : Redaksi