BERITABETA.COM – Industri hiburan Tanah Air berduka, penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia sekira pukul 18.99 WIB. Menurut kabar yang beredar, Glenn Fredly meninggal dunia karena penyakit meningitis. Apa itu meningitis?

Dikutip dari aladokter.com, meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meningen, yaitu lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Meningitis terkadang sulit dikenali, karena penyakit ini memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala.

Meningitis dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Kondisi-kondisi tertentu, seperti melemahnya sistem imun tubuh, juga dapat memicu munculnya meningitis.

Peradangan dari meningitis dapat menyebabkan perubahan serius pada otak pasien. Misalnya, seseorang dapat mengalami kebingungan, memiliki masalah untuk berpikir jernih dan membuat keputusan.

Seseorang yang meningitis mungkin memiliki masalah berkonsentrasi yang dapat membuatnya sulit untuk mengingat informasi baru. Mereka juga mungkin mengalami penurunan kesadaran atau menjadi mengantuk.

Infeksi meningitis yang terus memengaruhi otak seseorang dapat membuat kerusakan otak, seperti kehilangan fungsi otak yang penting.

Efek lain yang disebabkan oleh meningitis adalah, seseorang akan mengalami gangguan pendengaran, penglihatan atau kesulitan bicara dengan adanya kerusakan otak akibat meningitis.

Perubahan dalam cairan serebrospinal dapat menyebabkan beberapa pasien mengembangkan hidrosefalus, kondisi cairan menumpuk di otak dan menempatkan tekanan pada tengkorak. Kejang dapat terjadi sebagai akibat dari perubahan otak (BB-IS)