BERITABETA.COM – Kepergian Glenn Fredly mambawa mengungkap banyak cerita di kalangan arti dan penyanyi di tanah air. Banyak yang berkisah tentang kedekatan mereka dengan si pelantun “Januari” itu.

Selain mengungkap kedekatan dan pribadi mendiang Glenn Fredly yang dikenal baik, ada juga yang mengungkapkan niatan untuk melanjutkan cita-citanya. Mendiang Glenn Fredly memang  memiliki banyak cita-cita untuk musik Indonesia. Salah satunya adalah Undang-undang Permusikan.

Dan cita-cita inilah yang ingin dilakukan musisi Marcello Tahitoe yang akrab disapa Ello. Penyangi berdarah Ambon ini berniat melanjutkan cita-cita mendiang Glenn Fredly yang belum terwujud itu.

“Doain saja. Kalau kamu tanya melanjutkan? Gua mau coba,” kata Ello saat melakukan siaran langsung dalam kanal YouTube Marcello Tahitoe Official, Senin (13/4/2020).

Ello dan Gleen Fredly memang dekat, selain keduanya memiliki hubungan pertemanan, tapi juga berasal dari daerah yang sama yakni Maluku.  Ello adalah putra dari musikus dan pengarang lagu berdarah Maluku, Minggoes Tahitoe dan penyanyi pop senior berdarah Batak yang sangat terkenal pada tahun 1980an Diana Nasution.

Disebuah wawancara dengan Metro TV, pasca meninggalnya Glenn Fredly Ello mengaku sangat kehilangan, karena Gleen sudah dianggap sebagai mentornya.

Seperti diketahui, Glenn Fredly merupakan salah satu musisi yang merumuskan RUU Permusikan bersama Anang Hermansyah yang waktu itu menjabat sebagai anggota DPR Komisi X.

Glenn Fredly diketahui berperan dalam mempertahankan eksistenti Studio rekaman Lokananta di Kota Solo, Jawa Tengah. Melalui kampanye Save Lokananta, Glenn Fredly mencoba mengajak masyarakat untuk peduli dan menjaga agar Lokananta tetap terdengar gaungnya.

Kampanye Save Lokananta itu dia wujudkan dengan melakukan rekaman DVD bertajuk “Glenn Fredly and Bakuucakar Live from Lokananta”, pada tahun 2012.

Glenn Fredly juga merupakan salah satu penggagas berdirinya M Bloc Space, tempat anak muda menyalurkan bakat seninya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Kendati demikian, pria yang kini menolak disapa Ello itu, mengatakan perjuangan tersebut butuh dukungan dari masyarakat Indonesia.  Marcello Tahitoe menilai melanjutkan cita-cita mendiang Glenn Fredly bukan hal yang mudah untuk dijalankan.

“Gua butuh dukungan kalian, karena enggak gampang, sangat-sangat enggak gampang. Tapi, kalau kalian mau bantu dalam doa dan bantu dalam support apapun, gua pasti mau,” kata Marcello Tahitoe.

Perjuangan Glenn Fredly mewujudkan industri musik yang lebih baik terhenti. Pelantun “Kasih Putih” ini mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan, pada 8 April 2020.

Ello sempat berkolaborasi dengan Glenn Fredly menyanyikan lagu balada klasik, You Are So Beautiful, dari Joe Crocker pada Rabu (18/3/2020).

Dalam sesi musik yang dihelat live di akun media sosial Ello tersebut, ia mengatakan lagu tersebut dipersembahkan khusus untuk para tenaga medis yang tengah berjuang di ‘garis depan’ dalam memerangi pandemi (BB-DIP)