BERITABETA.COM, Ambon - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono mengajak semua elemen baik masyarakat, pemerintah dan swasta untuk bersatu dalam menangani pandemi Covid-19 ini. Ia menyebut,  Covid-19 merupakan musuh bersama sehingga semua harus bersatu melawan Covid-19.  

"Peran swasta sangat dibutuhkan. Ini bukan hanya musuh bangsa, tapi merupakan musuh kemanusiaan dan dunia,” ajak Senator asal Maluku ini saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar Makodam Pattimura di Tribun Lapangan Merdeka Ambon.

Senator asal Maluku itu juga mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19. 
Ia menjelaskan,  jika semua elemen tidak bersatu maka akan lemah menghadapi musuh ini.

“Kalau lemah, ujung-ujungnya  rakyat yang mengalami kerugian. Bukan siapa-siapa tetapi bangsa kita atau keluarga kita terkena dampaknya," tandasnya.

Menurut  mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini,  dengan adanya varian baru Covid-19 ini, Indonesia kini dihadapi oleh terpaan yang luar biasa, di mana angka positif terus melonjak. Alhasil, keadaan saat ini pasti memiliki banyak kekurangan dalam hal kesiapan.

“Daya tampung semakin terbatas, maka kami berharap masyarakat harus lebih disiplin. Kita baru mencapai 20 persen yang telah melakukan vaksin. Kami berharap jika sudah mencapai lebih dari 70 persen semoga bisa menekan penyebaran Covid-19,” katanya lagi.

Nono Sampono yang didampingi Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin saat itu juga berdiskusi tentang dinamika keamanan kawasan Indonesia Timur.