BERITABETA.COM, Ambon – Wakil Ketua DPD RI asal provinsi Maluku  Dr. Nono Sampono, M.Si mendorong mendorong agar fungsi kontrol dan pengawasan dari Pers terhadap kinerja lembaga legislatif maupun eksekutif  terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Nono yang kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI ini ikut memberikan perhatian kepada Pers di Maluku karena Pers memiliki sejarah perjuangan yang panjang sejak masa penjajahan di Indonesia.

 “Saya menyampaikan selamat Hari Pers Nasional kepada basudara (saudara) wartawan semuanya,” kata Nono Sampono di sela-sela kegiatan syukuran sehari memasuki masa tenang yang dihelat di kediamannya di kawasan Hative Besar, Kota Ambon, Sabtu (10/2/2024).

Nono mengaku, banyak mengenal rekan-rekan jurnalis saat masih aktif sebagai anggota TNI Angkatan Laut. Mantan Komandan Korps Marinir ini mengaku sejarah perjuangan pers sangat panjang sejak masa penjajahan.

“Beta (saya) berharap agar pers semakin lebih dewasa dan semakin menjadi kekuatan, sebagai pilar dan sekaligus ujung tombak (demokrasi),” harapnya.

Mantan Komandan Paspampres ini juga berharap Pers tetap menjalankan tugasnya sebagai fungsi kontrol maupun pengawas publik.

“Kita berharap pers bisa menjadi fungsi kontrol terhadap apapun yang sedang berjalan dalam kehidupan bernegara kita terutama mengontrol pihak-pihak yang mendapatkan amanah, baik wakil-wakilnya di Senayan atau di dewan di daerah maupun yang mendapat amanah sebagai pimpinan pusat, pemerintahan pusat maupun di daerah,” pintanya.

Di sisi lain, perwira tinggi TNI AL yang pensiun dengan pangkat tiga bintang di pundaknya ini juga berharap Pers dapat memberikan literasi yang baik kepada masyarakat.

“Saya melihat selama ini Pers di Maluku sudah menjalankan tugas dan perannya dengan baik. Kita juga berharap bisa memberikan pembelajaran yang baik bagi masyarakat,” ujarnya (*)

Editor : Redaksi