BERITABETA.COM, Ambon – Unit Siaga SAR Dobo berhasil menyelematkan sebanyak enam penumpang KM. Malaguar Menanti di perairan Aru, Maluku. Kapal kayu ini mengalami patah kemudi, saat bertolak dari Desa Gomarmeti dengan POB 6 tujuan Kota Dobo. Dalam  perjalanan kapal mengalami patah kemudi di sekitar perairan Tabarfane akibat diterjang gelombang.

Dari laporan yang diterima beritabeta.com, Minggu malam (4/4/2022) menyebutkan, tim SAR berhasil menemukan KM. Malaguar Mananti sekitar pukul 10.43 WIT, setelah menerima informasi  kejadian tersebut dari anggota Brimob Dobo.

“Kita terima laporan bahwa KM. Malaguar Menanti yang bertolak dari Desa Gomarmeti dengan POB 6 tujuan Kota Dobo mengalami patah kemudi di sekitar Perairan Tabarfane,” tulis keterangan resmi SAR.

Mengetahui informasi tersebut, Unit Siaga SAR Dobo bergerak cepat dengan mengerahkan RIB 01 beserta Unsur Gabungan menuju LKK guna melaksanakan Ops SAR pada koordinat 6° 6' 24.44" S - 133° 45' 9.75" E, Jarak -+ 37 Nm, dan Heading 235.50° arah Barat Daya dari Kota Dobo.

Tiba di lokasi, tim SAR menemukan KM. Malaguar Menanti dalam  kondisi terombang-ambing di Perairan Tabarfane. Sementara keenam penumpang berhasil dievakuasi dengan dipindahkan ke RIB 01 USS Dobo dan  menuju Kota Dobo.

Berikut nama-nama penumpang yang berhasil dievakuasi :

  1. Sani Goulap jenis kelamin perempuan (56 tahun)
  2. Candara Goulap jenis kelamin laki-laki (31 tahun)
  3. Isyat Bedelwair jenis kelamin perempuan (53 tahun)
  4. Yacoba Parain jenis kelamin perempuan (30 tahun)
  5. An Putra Goulap jenis kelamin perempuan
  6. An Jilal Goulap (*)

Editor : Redaksi