BERITABETA.COM, Ambon - Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon menyiapkan puluhan personel dan peralatan khusus dalam rangka siaga angkutan Lebaran Tahun 2023.

Kesiagaan ini diawali dengan menggelar upacara apel kesiapsiagaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan serbaguna Kantor SAR Ambon, dan diikuti seluruh pejabat utama dan juga staf.

Diperkirakan arus angkutan mudik lebaran tahun 2023 mencapai 100.000 jiwa lebih yang akan melakukan mudik lebaran.

Untuk mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya jelang lebaran idul fitri 1 syawal 1444 H, Kantor SAR Ambon bersama potensi SAR melaksanakan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2023.

Tak hanya SDM, Kantor SAR Ambon juga menyiagakan alat utama (alut) berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Car, Rescue Truck, Peralatan Emergency Kit (Medis), dan Peralatan Aqua Eye.

Kepala Basarnas Ambon, Mustari mengatakan, sebanyak 96 personil baik dari unit siaga SAR Kepulauan Aru, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Banda, dan Pos SAR Namlea.

Puluhan personel itu disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadinya musibah seperti tempat-tempat Wisata, Pelabuhan, dan juga Bandara.

“Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 akan dilaksanakan selama 21 hari terhitung dari tanggal 13 April hingga 3 Mei 2023 mendatang,” kata Mustari, Kamis (13/4/2023).

Dia menjelaskan, Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus tahun ini bertujuan untuk tujuan mewujudkan pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response SAR).

Dalam arahannya, Mustari menyebut melalui rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR RI, secara khusus DPR meminta Basarnas bekerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait meningkatkan sosialisasi keselamatan dan peringatan dini.

DPR juga meminta memaksimalkan waktu respon cepat dalam pelayanan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat yang melakukan mudik lebaran.

“Tak hanya itu, pemerintah meminta agar selalu mengoptimalkan pengelolaan penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini melalui koordinasi dan sinergitas lintas sektoral,” ujarnya.

Usai apel gelar pasukan, Mustari melepas konvoi kendaraan dan personil yang terlibat dalam siaga SAR khusus lebaran Tahun 2023 (*)

Editor : dhino pattisahusiwa